Kesbangpol Kota Magelang Beri Pendidikan Politik Jelang Pemilu Serentak 2024

Kesbangpol Kota Magelang Beri Pendidikan Politik Jelang Pemilu Serentak 2024

Kesbangpol Kota Magelang menghadirkan beberapa nara sumber untuk memberikan edukasi kepada warga jelang pemilu 2024, Senin 5 Juni 2023.-larasati putri/magelangekspres.-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGESKPRES.DISWAY.ID – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Magelang menggelar kegiatan sosialiasi Pendidikan Politik yang bertajuk Pendidikan Demokrasi Pancasila di Kota Magelang Jelang Pemilu dan Pilakda Serentak Tahun 2024 pada Senin, 5 Juni 2023.

Kepala Kesbangpol Kota Magelang, Agus Satiyo Hariyadi mengatakan bahwa edukasi ini menjadi bagian dari tanggung jawab pihaknya untuk diberikan kepada sejumlah masyarakat dan partai politik (parpol).

Utamanya adalah pemahaman terkait pendidikan politik sebagai bentuk pembekalan menghadapi ajang kontestasi politik pemilu 2024.

“Tujuannya untuk diseminasi fungsi dari parpol sehingga bisa mewujudkan nilai-nilai ideologi yang benar selama pesta demokrasi 2024,” katanya.

BACA JUGA:8 Juni 2023 Tim Verifikasi KLA Sambangi Kota Magelang, Sejauh Mana Kesiapannya?

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa kegiatan pendidikan politik tersebut dalam rangka mendukung jalannya khasanah demokrasi di masyarakat Kota Magelang.

Tidak hanya itu, kegiatan yang diisi oleh berbagai narasumber dari dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Magelang.

“Hal ini untuk memberikan batasan-batasan dan keselarasan pemahaman agar seluruh parpol yang menjalankan agenda politik bisa sesuai dengan lajurnya,” lanjut Agus Satiyo Hariyadi.

Dirinya berharap dengan adanya pendekatan secara aktif  ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait parpol.

Terlebih lagi, sehingga masyarakat lebih paham tentang eksistensi parpol sebagai alat untuk meningkatkan kehidupan masyarakat yang lebih berkembang, terutama tentang kehidupan berpolitik.

BACA JUGA:Kesiapan Lebih Matang, KLA Kategori Nindya 2023 Diyakini Bakal Kembali ke Kota Magelang

“Hasil akhirnya kami menginginkan masyarakat bisa sadar tentang posisi masing-masing parpol sehingga akan meminimalisir bentrokan dan bisa berkonsolidasi secara baik,” katanya.

Ia juga menandaskan bahwa agenda dari Kesbangpol tersebut diharapkan mampu menyatukan pemahaman serta mencegah setimen negatif antar parpol menjelang Pemilu 2024.

“Juga menciptakan iklim positif untuk kebijakan mikro dan makri di Kota Jasa ini,” pungkasnya. (ras)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres