Polisi RW Sudah Mulai Terjun ke Wilayah RW se-Kota Magelang

Polisi RW Sudah Mulai Terjun ke Wilayah RW se-Kota Magelang

Salah satu Polisi RW yang menyambangi ketua RW di daerah Kedungsari, Kota Magelang.-FOTO : LARASATI PUTRI-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID Polres Magelang Kota mulai menerjunkan Polisi Rukun Warga (RW) yang telah dibentuk pada Maret 2023 lalu.

Untuk diketahui, polisi RW merupakan sebuah program dari pemerintah yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas di lingkup wilayah terkecil.

BACA JUGA:Bawaslu Kota Magelang Temukan Satu Nama Bacaleg Ganda

Guna menjaga kondusivitas lewat akar rumput, Polres Magelang Kota telah menggerakan Polisi Rukun Warga (RW) mulai Selasa, 6 Juni 2023 untuk bergerilya ke setiap RW yang tersebar di wilayah Kota Magelang. 

Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang melalui Kepala Seksi Humas Polres Magelang Kota, Iptu Untung Harjanto mengatakan, Polisi RW merupakan salah satu program unggulan Polres Magelang Kota yang sudah dilaunching per 28 Maret 2023 lalu. 

“Jadi memang Polres Magelang Kota akan memiliki Polisi di setiap RW, tujuannya agar permasalahan atau keluhan di struktur terkecil masyarakat tersebut dapat terbantu,” katanya.

BACA JUGA:Kesbangpol Kota Magelang Beri Pendidikan Politik Jelang Pemilu Serentak 2024

Iptu Untung menjelaskan bahwa pada bulan Juni 2023 ini, sejumlah Polisi RW sudah mulai bergerak untuk menyambangi ke lingkungan RW se-Kota Magelang.

“Mereka sekarang mulai bertugas di sela-sela kesibukannya untuk bersilaturahmi kepada ketua RW sekaligus memberikan pembinaan,” imbuhnya. 

Selain memberikan pembinaan, tugas pokok Polisi RW juga berperan sebagai pembina kamtibmas. 

“Yang mana pekerjaannya untuk memberikan mengedukasi serta memberikan solusi atas beragam masalah yang ada di pusaran RW,” katanya. 

BACA JUGA:8 Juni 2023 Tim Verifikasi KLA Sambangi Kota Magelang, Sejauh Mana Kesiapannya?

Iptu Untung mengaku, agar tidak ada tumpang tindih fungsi Polisi RW dan Bhabinkamtimnas, pihaknya telah membedakan wilayah kerja mereka masing-masing.

“Kalau Polisi RW itu berfokus ke RW masing-masing, sedangkan Bhabinkamtibmas hampir sama hanya wilayah tugasnya lebih luas yaitu di tingkat desa atau kelurahan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres