Keistimewaan Bacaan Ayat Terakhir Al Baqarah 284-286 Menurut Ustadz Adi Hidayat

Keistimewaan Bacaan Ayat Terakhir Al Baqarah 284-286 Menurut Ustadz Adi Hidayat

Keistimewaan ayat terakhir Surat Al Baqarah 284-286--

MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Ketahui ada banyak keistimewaan surat Al Baqarah, terutama tiga ayat terakhirnya 284-286. Menurut Ustadz Adi Hidayat (UAH) dalam tayangan YouTube, ayat terakhir surat Al Baqarah memiliki keistimeaan karena banyak doa-doa tentang ketakwaan di sana.

Al Baqarah memiliki pengertian dalam bahasa arab yakni sapi betina. Al Baqarah ini adalah surat kedua di dalam Alquran setelah Al Fatihah.

Surat Al Baqarah adalah surat yang panjang dengan jumlah ayat sebanyak 286 ayat. Surat ini diturunkan di Madinah sehingga dinamakan surat Madaniyah.

Ternyata surat Al Baqarah ini memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan yang jarang orang ketahui. Namun, menurut Ustadz Adi HIdayat ada keutamaan terutama tiga ayat terakhir dalam surah Al Baqarah.

Sebagian ulama ada yang mengatakan, barang siapa membaca dua ayat terakhir Al Baqarah maka akan dijauhkan dari gangguan setan, dijauhkan dari penyakit, dijauhkan dari kesulitan dan kesukaran.

BACA JUGA:Keistimewaan Nabi Ibrahim Manusia Pertama Kali yang Diberi Pakaian di Padang Mahsyar

Ayah terakhir Surat Al Baqarah juga merupakan wujud kepasrahan dari hamba kepada Allah SWT.

Disebutkan dalam hadits dari Abu Mas'ud al-badri RA bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah pada waktu malam, maka akan diberi kecukupan.” Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim.

Maksud dicukupkan itu yaitu akan dicukupkan dalam urusan dunia dan urusan akhirat nanti. Termasuk dijauhkan dari kejelekan.

Ulama yang lain juga mengatakan, bahwa dengan membaca ayat tersebut imannya akan diperbaharui karena di dalam ayat tersebut ada sikap kepasrahan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Larangan Berburu dan Bermain dengan Lemparan Kerikil Menurut Rasulullah

Ada juga ulama yang mengatakan bahwa keutamaan ayat tersebut bisa sebagai pengganti dari berbagai zikir. Karena di dalamnya sudah terdapat doa untuk meminta kebaikan dunia dan akhirat.

Berikut ini bacaan Surat Al Baqarah ayat 284-286 beserta artinya dikutip dari Kemenag.go.id :

Al Baqarah Ayat 284 arab, latin, dan artinya :
لِّلَّهِ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ وَإِن تُبْدُوا۟ مَا فِىٓ أَنفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُم بِهِ ٱللَّهُ ۖ فَيَغْفِرُ لِمَن يَشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: