Mengenal Embun Upas yang Bikin Puan Maharani Rela Datang ke Wonosobo karena Penasaran

Mengenal Embun Upas yang Bikin Puan Maharani Rela Datang ke Wonosobo karena Penasaran

Penampakan embun upas di kompleks Candi Arjuna, Dieng, Wonosobo, pada musim kemarau tahun ini.--

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Ketua DPR RI, Puan Maharani dijadwalkan akan datang ke Kabupaten Wonosobo pada akhir bulan ini. Kehadirannya hanya sekadar ingin tahu hal unik yang biasa terjadi tiap tahunnya di kawasan Dieng, terutama Kabupaten Wonosobo.

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan, rencana datangnya kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu karena penasaran dengan embun upas yang kerap muncul di musim kemarau.

"Bu Ketua DPR-RI, Bu Puan Maharani katanya penasaran karena fenomena embun upas ini sering viral setiap musim kemarau," kata Bupati Afif.

Dilansir dari laman BMKG, embun merupakan air yang dihasilkan dari suhu udara yang sejuk hingga membuatnya beku menyerupai salju. Sedangkan nama upas sendiri merupakan pohon yang getahnya dikenal beracun.

BACA JUGA:127 PNS Terima SK Pensiun, BKD Wonosobo Janji Pengisian Kekosongan Jabatan Dilakukan Secara Sportif

Kata upas disematkan pada embun yang biasa muncul di awal pagi di kawasan Dieng terutama di Wonosobo tersebut. Nyatanya, embun upas dapat mengancam kelangsungan hidup tanaman kentang meski visualnya tampak begitu cantik.

"Informasi yang saya terima, Bu Puan Maharani ke Wonosobo cuma kepengen lihat bagaimana sih embun upas itu. Mungkin selain menarik, kok ternyata bahaya juga bagi petani kentang," ucap Afif Nurhidayat.

BACA JUGA:Suhu Ekstrim, Dieng Membeku, Minus Lima Derajat

Disampaikan, Puan Maharani tidak datang seorang diri. Namun dirinya akan didampingi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno bersama rombongannya.

"Katanya beliau ke Wonosobo dengan Pak Sandiaga Uno bersama rombongannya sekitar 30 orang pada tanggal 26 Agustus mendatang," ungkapnya.

BACA JUGA:LUAR BIASA! Komunitas Dieng Bersih Cuma Sisir 20 Meter Sungai Ngebrok Wonosobo Dapat Sampah 1,6 Ton

Bupati Afif mengatakan, penyambutan hadirnya dua tokoh nasional tersebut rencananya akan dikemas lebih seremonial. Bagi Afif, demikian menjadi ajang promosi daerahnya yang dinilai memiliki ragam kebudayaan serta penampakan alam yang indah.

Diungkapkan, agendanya bertepatan dengan acara Wonosobo Night Carnival yang akan digelar di hari yang sama di alun-alun Kabupaten Wonosobo.

BACA JUGA:Di Magelang dan Dieng Suhu Dingin Ekstrem Terjadi, Ini Penjelasan BMKG

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres