Jangan Takut Miskin karena Sedekah, Ini Pesan Ustadz Syafiq Riza Basalamah!

Jangan Takut Miskin karena Sedekah, Ini Pesan Ustadz Syafiq Riza Basalamah!

Ustadz Syafiq Riza Basalamah--

MAGELANG EKSPRES - Dalam kajian Ustadz Syafiq Riza Basalamah berungkali mengingatkan tentang keutamaan sedekah. Sebagaimana Allah Ta’ala dalam firmannya di dalam Al Quran juga selalu mengingatkan tentang sedekah. Semua yang kita miliki adalah rezeki dari Allah maka jangan takut miskin karena sedekah. Berapa pun harta yang kita sedekahkan pasti Allah akan menggantinya dengan lebih banyak.

“Apa yang di tangan itu dari Allah. Ingat uang yang ada di dompetmu, rumah yang engkau tempati dan mobil di garasi itu dari Allah. Dan Allah katakan, kalau kalian mengutangi Allah dengan utang yang baik maka akan dilipatkan gandakan. Namun kadang kita merasa berat,” ungkapnya.

Ustadz Syafiq menganjurkan bersedekah jariyah, seperti sedekah air dengan membuat sumur, seperti yang dicontohkan oleh sahabat Utsman bin Affan yang rela mengeluarkan 20.000 dirham untuk membeli sumur milik orang Yahudi yang kemudian diwakafkankan untuk umat Muslim. Hingga saat ini sumur tersebut masih terawat dan bermanfaat bagi umat Muslim. Meskipun Utsman bin Affan sudah meninggal dunia tapi pahalanya terus mengalir karena sumur tersebut masih dimanfaatkan oleh umat Islam.

Selain itu, bisa bersedekah mushaf Al Qur’an kepada para penghafal Al Qur’an melalui lembaga tertentu atau pondok pesantren. “Para penghafal Al Qur’an itu tidak mungkin hanya membaca sekali, pasti akan terus diulang-ulang. Maka selagi mushaf Al Qur’an itu dibaca maka pahalanya akan terus mengalir walaupun orang yang mewakafkan Al Qur’an sudah meninggal dunia. Orang tersebut bisa panen pahala kalau penghafal Al Qur’an itu juga mengajarkan ilmunya pada orang lain,” jelas Ustadz Syafiq.

sedekah juga tidak akan mengurangi harta kita.
Dari Asma’ bin Abi Bakr, Rasulullahu ‘alaihi wa sallam bersabda padaku,”Janganlah engkau menyimpan harta (tanpa menyedekahkannya). Jikia tidak maka Allah akan menahan rizki untukmu.

Sedang dalam riwayat lain disebutkan,”Infaqkanlah hartamu. Janganlah engkau menghitung-hitungnya (menyimpanya tanpa mau mensedekahkan). Jika tidak maka Allah akan menghalangi barokah rizki tersebut. Janganlah menghalangi anugrah Allah untukmu. Jika tidak maka Allah akan menahan anugrah dan kemurkaan untukmu.”

Hadits ini dibawakan oleh Yahya bin Syarf An Nawawi dalam Riyadhus Shalihin pada Bab “Kemuliaan, berderma dan berinfaq”, hadits no. 559 (60/16).

Hadits tersebut memotivasi kita untuk memperbanyak sedekah. Rizki itu dari Allah maka sudah selayaknya kalau digunakan untuk ketaatan pada Allah. Jangan sampai Allah murka terhadap orang-orang yang selalu menahan sedekah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres