Inilah Kiat Shalat Khusyuk yang Bisa Anda Praktikan!

Inilah Kiat Shalat Khusyuk yang Bisa Anda Praktikan!

Inilah Kiat Shalat Khusyuk yang Bisa Anda Praktikan! --

MAGELANG EKSPRES.ID-Shalat merupakan kunci dari banyak sendi kehidupan seorang muslim dan bisa menghapuskan dosa-dosa. Shalat juga menghapus perbuatan keji dan mungkar.

Bisa mengerjakan shalat dengan baik dan khusyuk tentu menjadi dambakan setiap muslim. Bisa jadi kita sudah mempelajari dan mengerti cara mengerjakan shalat sesuai syariat. Namun kenyataannya kita belum bisa mengerjakan shalat dengan baik dan benar, apalagi khuyuk tentu bukan pekerjaan mudah.

Kegiatan dan pikiran sehari-hari sangat mempengaruhi kita saat mengerjakan shalat. Mengerjakan shalat seakan-akan kita melihat Allah Ta’ala atau mengerjakan shalat seakan-akan dilihat Allah Ta’ala seringkali belum hadir dalam shalat-shalat kita. Gerakan demi gerakan dan bacaan shalat kita lantumkan dengan sempurna namun pikiran kita melayang ke mana-mana.

BACA JUGA:Sulit Bangun Malam dan Shalat Malam? Simak Nasehat Imam Sufyan Ats Tsauri

Badan kita bergerak dan lisan kita berucap untuk mengagungkan Allah Ta’ala namun pikiran kita belum bisa fokus menghadap Allah Ta’ala.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنِ امْرِئٍ مُسْلِمٍ تَحْضُرُهُ صَلَاةٌ مَكْتُوبَةٌ فَيُحْسِنُ وُضُوءَهَا وَخُشُوعَهَا وَرُكُوعَهَا إِلَّا كَانَتْ كَفَّارَةً لِمَا قَبْلَهَا مِنَ الذُّنُوبِ مَا لَمْ يُؤْتِ كَبِيرَةً وَذَلِكَ الدَّهْرَ كُلَّهُ

“Tidaklah seorang muslim mendapati shalat wajib, kemudian dia benar-benar membaguskan wudhu, khusyuk dan rukuknya, kecuali akan menjadi penghapus bagi dosa-dosanya yang telah lalu, selama tidak melakukan dosa besar; dan ini untuk sepanjang masa.” (HR. Muslim)

Bila shalatnya baik maka banyak kebaikan yang telah kita lakukan. Selain itu, shalat juga sebagai perisai dari perbuatan keji dan mungkar.

Sebagaimana firman Allah:

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ

“Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS. Al-Ankabut: 45)

BACA JUGA:Shalat Rebo Wekasan Tak Pernah Diajarkan Rasulullah, Ini Nasehat Ustadz Firanda Andirja

Mengingat pentingnya dan keutamaan shalat, maka setan tak bakal dia. Setan akan berusaha keras untuk mengganggu dan merusak sholatnya seorang muslim. Mulai niat, saat melangkah, berwudhu hingga saat mengerjakan shalat pun, setan tak akan berhenti menggoda umat muslim hingga sholatnya menjadi tidak khusyuk dan tukmaninah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: