Hebat! d’JeLiPat SMKN 3 Magelang Melaju ke Jakarta Muslim Fashion Week 2024

Hebat! d’JeLiPat SMKN 3 Magelang Melaju ke Jakarta Muslim Fashion Week 2024

JMFW 2024. d'JeLiPat produk unggulan SMKN 3 Magelang tampil di JMFW 2024-SMKN 3 Magelang-magelangekspres

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) adalah ajang bergengsi yang selalu diikuti oleh para desainer terkemuka di tanah air.

Keterlibatan pendidikan vokasi dalam JMFW 2024 merupakan kesempatan yang baik untuk mempresentasikan hasil pembelajaran dan membuka peluang ekonomi serta kerja sama antara akademisi/alumni dengan fashion brand.

Kegiatan dimulai dengan sosialisasi ke seluruh satuan pendidikan vokasi dan pendaftaran administrasi untuk mengikuti event JMFW. Sehubungan dengan adanya kuota atau batasan outlook yang dapat tampil dalam JMFW 2024, maka diadakan beberapa tahapan kurasi.

BACA JUGA:SMKN 3 Magelang Gelar Workshop Pemanfaatan Sarpras Pendukung Penyelarasan Tefa

Dari kurasi administrasi, lolos 33 sekolah menengah kejuruan (SMK) dan 7 perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi (PTPPV) yang kemudian harus membuat desain dan mempresentasikannya.

Tahap berikutnya adalah kurasi desain/photo looks pada tanggal 7 Agustus 2023 dengan melibatkan 4 kurator yang merupakan pakar di bidangnya. Proses kurasi dengan menggunakan kriteria-kriteria yang sesuai standar JMFW 2024 seperti tema, style, trend busana dan sebagainya menetapkan 72 desain/looks dari 12 satuan pendidikan vokasi yang salah satunya adalah SMK Negeri 3 Magelang.

Mengusung tema “Garvita” diambil dari bahasa Sansekerta berarti penuh dengan rasa syukur dan terinspirasi dari makanan khas Magelang  yaitu getuk.

Desain hasil karya Ana Setia Ayu XI Busana 1, Intan Magfiroh XI Busana 2 dan Syakira Inez Syahda Ramadhani XI Busana 3 menggunakan material kain linen yang dikombinasikan dengan kain d’JeLiPat yang merupakan produk unggulan SMK 3 Negeri Magelang.

BACA JUGA:Hebat! Siswa Busana SMKN 3 Magelang Ikuti Pagelaran Karya Kreatif Indonesia 2023 di JCC Jakarta

Enam Look dengan gaya Feminim Art of Beat ditampilkan di ICE SBD Serpong pada tanggal 21 Oktober 2023.

Kepala SMK Negeri 3 Magelang, Mila Yustiana S Pd MMPar mengatakan, karya dan kreasi dari ketiga siswa tersebut sangat membanggakan warga sekolah. Kolaborasi karya yang  luar biasa dari siswa kelas XI Busana sehingga dapat ditampilkan di ajang JMFW yang tentunya sangat ketat sekali kurasinya dari panitia.

Dengan tampilnya ketiga siswa tersebut di JMFW membuktikan bahwa karya mereka mampu sejajar dengan karya desainer nasional.

“Terima kasih saya sampaikan pada Ibu dan Bapak guru yang telah mendampinginya. Terima kasih pula pada Direktorat Mitras Kemendikbud Ristek yang telah memberi peluang dan ruang pada karya dan brand SMKN 3 Magelang yaitu d'JeLiPat,” ujar Mila.

BACA JUGA:Ini Baru Keren!, d’JeLiPat Karya Desainer Muda SMKN 3 Magelang Tampil di Runway Jogja Fashion Trend 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres