35.000 Liter Air Disalurkan PMI Kota Magelang ke Temanggung Cegah Kekeringan

35.000 Liter Air Disalurkan PMI Kota Magelang ke Temanggung Cegah Kekeringan

Kegiatan Pendistribusian 35 Ribu Liter Air Bersih oleh PMI Kota Magelang di Wilayah Terdampak Bencana dan Kekeringan di Kabupaten Temanggung, Minggu 22 Oktober 2023.-HUNI WEJANG-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGESKSPRES -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang mendistribusikan 35 ribu liter air bersih di wilayah Kabupaten Temanggung pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka merespon bencana kekeringan dan angin puting beliung yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Temanggung pada beberapa waktu terakhir.

"Kami menugaskan empat orang relawan untuk BKO di wilayah Kabupaten Temanggung sesuai permintaan dari Kabupaten Temanggung," ujar Ketua PMI Kota Magelang, Suko Tri Cahyo.

BACA JUGA:Lantik Pengurus Baru, Walikota Magelang Minta HIPMI Tumbuhkan Perekonomian Masyarakat

Ia menyebut, pendistribusian air bersih diperuntukkan untuk tiga wilayah di Kabupaten Temanggung, meliputi dua wilayah terdampak kekeringan dan satu wilayah terdampak angin puting beliung.

Adapun dua wilayah terdampak kekeringan yakni Dusun Dukuh Seman, Desa Tirtosari Kecamatan Bulu, dan Dukuh Tlogo Pucang Tengah, Desa Tlogo Pucang Kecamatan Kandangan.

BACA JUGA:MAN Kota Magelang Tuan Rumah Perayaan Hari Santri 2023

Sedangkan satu wilayah terdampak angin puting beliung berada di wilayah Desa Tepusen, Kecamatan Kaloran yang mengalami gangguan listrik dan air sehingga membutuhkan bantuan air bersih.

"Dusun Dukuh Seman (sebanyak) 10 ribu liter untuk 1600 jiwa atau 400 Kepala Keluarga (KK), Dukuh Tlogo Pucang 10 ribu liter untuk 500 KK, dan terakhir di wilayah Tepusen Kandangan yang pada Jumat (20 Oktober 2023) kemarin terkena puting beliung, dengan pendistribusian sebanyak 10 ribu liter untuk 2000 jiwa," jelasnya.

BACA JUGA:Gerakan Pangan Murah Kota Magelang Strategi Kurangi Beban Warga Hadapi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok

Dengan itu Ia berharap, pendistribusian ini dapat membantu warga memenuhi kebutuhan air dalam beberapa waktu ke depan.

"Harapannya semoga dapat membantu meringankan warga Temanggung dalam memenuhi kebutuhan air saat musim kemarau seperti ini maupun untuk wilayah terdampak bencana yang mengalami gangguan air dan listrik," tandasnya. (mg3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres