Menerima Hadiah karena Jabatan, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah Itu Bentuk Kezaliman

Menerima Hadiah karena Jabatan, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah Itu Bentuk Kezaliman

Menerima Hadiah karena Jabatan, Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah Itu Bentuk Kezaliman--

MAGELANG EKSPRES-Ustadz Syafiq Riza Basalamah dalam kajian anggota Grup Islam Sunnah (GIS)mengungkapkan bahwa banyak orang yang melakukan kezaliman tapi tidak merasa bahwa yang dilakukan itu kezaliman.

Korupsi semakin marak, suap menyuap tak pernah berhenti dari tahun ke tahun, seakan seperti jamur atau cendawan di musim hujan.

Semakin ramai publik-publik figure yang ditokohkan oleh masyarakat melakukan kezaliman. Namun terkadang, mereka merasa yang mereka lakukan bukan kezaliman.

BACA JUGA:Pesan Ustadz Syafiq Riza Basalamah dan 9 Alasan Kita Harus Mencintai dan Membela Palestina

Ada pegawai negeri yang telah mendapatkan gaji namun masih menerima hadiah dari orang lain.
Ada juga guru yang menerima hadiah dari murid atau orang tuanya padahal sudah mendapatkan gaji. Ini merupakan kezaliman karena mendapatkan hadiah yang bukan menjadi haknya.

Disebutkan dalam sebuah hadits, dari Abu Humaid, Abdurrahman bin Sa’ad As-Sa’idi radhiyallahu 'anhu ia bertutur, "Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam pernah memberikan tugas kepada seseorang dari suku Azdi yang bernama Ibnul Lutbiyah untuk mengumpulkan sedekah atau zakat. Setelah menyelesaikan tugasnya, dia datang kembali dan berkata, 'Ini untuk engkau, dan ini hadiah yang diberikan kepadaku.' Maka Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam berdiri di atas mimbar, lalu memanjatkan pujian dan sanjungan kepada Allah.

Kemudian Beliau bersabda, sesungguhnya aku menugaskan salah seorang di antara kalian untuk menyelesaikan sesuatu tugas yang diberikan Allah kepadaku.

Lantas dia melaksanakannya dan berkata, 'Ini untukmu dan ini hadiah yang diberikan kepadaku.' Mengapa orang itu tidak duduk-duduk saja di rumah ayah atau ibunya, sampai hadiah itu diberikan untuknya, andai kata dia memang benar.

BACA JUGA:Jangan Dikira Jadi Presiden itu Enak? Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah Tanggung jawabnya Berat

Demi Allah, tidaklah salah seorang di antara kalian mengambil sesuatu yang bukan haknya, melainkan dia akan menghadap Allah Subhanahu wa Ta'ala pada hari kiamat dengan memikul sesuatu itu.

Sungguh, aku tidak ingin melihat salah seorang di antara kalian yang menghadap kepada Allah dengan memikul unta yang melenguh, sapi yang menguak, ataupun kambing yang mengembik.' Kemudian Beliau mengangkat kedua tangannya hingga terlihat warna putih kedua ketiak Beliau, seraya bersabda, 'Ya Allah, bukankah aku telah menyampaikannya.' Beliau mengucapkannya tiga kali."(Muttafaqun ‘alaih)

Kata Ustadz Syafiq, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam sebagai pemimpin umat Islam pada waktu itu memerintahkan kepada salah seorang sahabat, yakni Ibnul Lutbiyah.

Dia ditugaskan untuk mengumpulkan zakat orang-orang di sebuah kampung.

Ketika pulang, Ibnul Lutbiyah rupanya dikasih hadiah oleh penduduk tempat dia mengambil zakat.

Dia datang mengatakan kepada Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam, Ya Rasulullah, ini zakatnya! Dan ini hadiah untukku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: