Ngga Kalah Indah! Dua Telaga Ini Disebut Sebagai Ranu Kumbolonya Jawa Tengah

Ngga Kalah Indah! Dua Telaga Ini Disebut Sebagai Ranu Kumbolonya Jawa Tengah

Ngga Kalah Indah! Dua Telaga Ini Disebut Sebagai Ranu Kumbolonya Jawa [email protected]

Jika cuaca cerah kamu juga bisa menyaksikan view gunung di kawasan Dieng seperti Gunung Sindoro, Gunung Buthak, dan Gunung Petarangan.

Telaga Dringo terletak Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Tak hanya pesona di lokasi telaga, jalan menuru telaga juga menawarkan panorama yang tak kalah indah berupa kebun teh, deretan perbukitan, hingga hutan lindung.

Akses jalan menuju telaga ini bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor dan sudah beraspal, tetapi jalan yang relatif sempit dan menanjak mungkit sedikit memacu adrenalin.

BACA JUGA:Ini Dia 5 Kecamatan Paling Menarik di Wonogiri, Keindahan Alamnya Luar Biasa

2. Telaga Claket – Wonogiri


Telaga [email protected]

Jika Ranu Kumbolo terletak di jalur menuju puncak mahameru Gunung Semeru, Telaga Claket berada di kaki Bukit Widodaren. Lokasi telaga ini terletak di Dusun Keblokan, Desa Sendangijo, Kecamatan Selorigi, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Pemandangan di sekeliling danau berupa hamparan rumput, pepohonan yang menjulang tinggi hingga aneka bunga warna warni yang menyegarkan mata.

Di sekitar telaga ada banyak spot foto yang dapat digunakan pengunjung. Salah satu yang paling populer yakni jembatan kayu yang berada di tengah danau. Selain itu ada pula perahu yang bisa disewa pengunjung untuk mengelilingi telaga.

Pada awalnya telaga ini merupakan tempat pemancingan. Namun pada 2007 warga mulai mengelolanya menjadi tempat wisata karena melihat adanya potensi berupa pemandangan alam yang sangat menawan di sekitar lokasi.

Letaknya yang berada di kaki bukit membuat telaga ini semakin mirip dengan Ranu Kumbolo. Kamu juga bisa mendaki Bukit Widodaren untuk melihat pemandangan sunset yang ciamik.

Tak perlu khawatir, bukit ini hanya memiliki tinggi 200 meter, kamu bisa mencapai puncaknya setelah mendaki kurang lebih 15-20 menit.

Selain itu karena tempat ini sudah menjadi objek wisata, terdapat warung dan gazebo di sekitar lokasi yang bisa kamu gunakan untuk bersantai dan berpiknik ria.

Untuk sampai di Telaga Caket, kamu bisa menempuh perjalanan kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Wonogiri. Kamu bisa masuk dari sisi timur telaga dan akan tampak perbukitan yang membuat pemandangannya seolah berada di Ranu Kumbolo.

Itu dia dua telaga di Jawa Tengah yang memiliki keindahan bak Ranu Kumbolo yang tidak kalah menawan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: