Fasilitasi Pelatihan Hingga Pameran Akselerasi Pelaku UMKM Lokal Naik Kelas

Fasilitasi Pelatihan Hingga Pameran Akselerasi Pelaku UMKM Lokal Naik Kelas

PAMERKAN WAYANG KAYU. Salah satu perajin wayang kayu memaerkan produk unggulannya di stand Pekan Raya Purworejo (PRP) 2023.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres-magelangekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Fasilitasi pemerintah daerah berupa pelatihan-pelatihan hingga menyediakan ruang pameran atau ekspo berperan penting untuk mengakselarasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas.

Adanya dukungan secara berkelanjutan melalui fasilitasi tersebut diharapkan mampu memacu para pelaku UMKM, khususnya pendatang baru, untuk meningkatkan daya saing produknya sehingga mampu “go international”.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Dion Agasi Setiabudi SIKom, sebagai evaluasi atas penyelenggaraan  Ekspo Produk UMKM bertajuk Pekan Raya Purworejo (PRP) 2023,  Selasa (24/10).

BACA JUGA:Peringati Hari Jadi ke-75, DPRD Purworejo Komitmen Setia Mengemban Amanah

PRP digelar oleh DPRD berkolaborasi dengan Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo  di sepanjang ruas Jalan RAA Tjokronegoro I Alun-Alun Purworejo selama 3 hari, Jumat-Minggu (20-22/10).

“Semangat dari penyelenggaraan PRP kemarin adalah memfasilitasi para pelaku UMKM untuk bisa melakukan pemasaran, pengenalan produk, sekaligus juga mendorong supaya ada perputaran ekonomi masyarakat,” katanya.

Menurut Dion, adanya ekspo  juga mendorong perangkat daerah terkait agar ke depan dapat terus bersinergi dengan para Pelaku UMKM.

Pendampingan harus dilakukan secara berkelanjutan  mengingat era digitalisasi saat ini menjadi peluang emas sekaligus tantangan bagi para pelaku UMKM.

Sebagai contoh, ramainya berita tentang penutupan TikTok shop merupakan sebuah disrupsi teknologi di tengah kemajuan zaman yang tidak dapat dilawan.

BACA JUGA:Raperda Perubahan Perda Layak Anak Disetujui

Hal itu mendorong Dinas KUKMP melakukan edukasi dan pendampingan pelaku UMKM dalam menghadapi digitalisasi untuk membantu memasarkan produknya secara online dengan baik dan benar.

“Digitalisasi ini kan satu sisi memudahkan para pelaku UMKM dalam hal pemasaran karena jangkauannya lebih luas. Namun, pada sisi lain teman-teman pelaku UMKM ini juga harus mampu menghadapi pesatnya laju digitalisasi sehingga memang perlu untuk selalu mendapat pendampingan,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan PRP menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi ke-75 DPRD Purworejo pada 27 Oktober 2023 mendatang. Selain PRP dan beberapa event lain, ajang pameran UMKM yang dipadu dengan seni budaya juga akan kembali digelar di depan Gedung DPRD Purworejo pada awal November 2023 mendatang.

“Purworejo memiliki produk UMKM dan seni budaya lokal yang sangat luar biasa. Makanya ini harus terus kita fasilitasi disamping mereka juga terus kita dorong untuk mandiri dan naik kelas,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres