Pasar Apresiasi di Kawasan Gedung DPRD Purworejo Sedot Perhatian Pengunjung

Pasar Apresiasi di Kawasan Gedung DPRD Purworejo Sedot Perhatian Pengunjung

TINJAU PASAR APRESIASI. Ketua DPRD bersama Plt Bupati Purworejo dan jajaran Forkopimda meninjau sejumlah gubug UMKM dalam acara pembukaan Pasar Apresiasi di kawasan Gedung DPRD Purworejo.-foto: eko sutopo/purworejo ekspres-magelangekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES- Event bertajuk Pasar Apresiasi digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purworejo di kawasan Gedung DPRD Kabupaten Purworejo selama 3 hari, Jumat-Minggu (3-5/10).

Mengusung semangat Sumpah pemuda dan Hari Pahlawan, serta Hari Jadi ke-75 DPRD Kabupaten Purworejo, event kali ini diharapkan mampu menjadi ruang pertemuan dan ruang belajar bagi semua lapisan masyarakat di Purworejo melalui pendekatan seni dan budaya. Lebih dari itu, meningkatkan kecintaan terhadap lokalitas daerah.

Pembukaan Apresiasi secara simbolik dilakukan oleh Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setiabudi, di Panggung Gotong Royong yang terletak di ruas jalan depan gedung DPRD, Jumat (3/11) siang.

BACA JUGA:LPPL Radio Irama FM Purworejo Kembali Raih Juara Tingkat Nasional

Hadir Plt Bupati Purworejo Yuli Hastuti, Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani, Yophi Prabowo, Fran Suharmaji, para anggota DPRD lain, serta jajaran Forkopimda, dan kepala OPD terkait.

Hari pertama Pasar Apresiasi berlangsung meriah dihadiri ribuan pengunjung dan diramaikan oleh 252 pelajar yang mengikuti lomba mewarnai untuk siswa TK/ PAUD dengan tema “Bhinneka Tunggal Ika”.

Ada pula  Lomba menggambar untuk SD dengan kategori kelas 1 s.d 3 dan kelas 4 s.d 6 dengan total peserta 180-an siswa. Dilanjutkan Lomba Fashion Show dengan tema “Pakaian Adat Nusantara” untuk siswa tingkat TK/ PAUD, SD dan SMP sejumlah 215 peserta.

Kepala Dindikbud Purworejo, Wasit Diono, saat sikonfirmasi menyebut Pasar Apresiasi digelar dengan menjabarkan semangat jiwa Pancasila, aktualisasi diri, merawat tradisi, dan menyerukan gaya hidup berkelanjutan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Belmawa Kemendibudristek Lakukan Monev Lima Desa PPK Ormawa Untidar

Pasar Apresiasi ini merupakan suatu titik pertemuan antara berbagai macam potensi yang ada, baik dari sisi seni budaya, tradisi dan produk UMKM serta kuliner khas kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo.

"Konsep seperti ini baru kali pertama kita gelar. Alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa," katanya.

Diungkapkan, evenk kali ini melibatkan para pelaku UMKM serta pelaku seni budaya dari 16 kecamatan. Khusus untuk UMKM difokuskan pada produk kuliner lokal Purworejo dengan konsep gubug pameran UMKM.

"Hari kedua akan ada Lomba Festival Band Pelajar yang diikuti oleh 16 band pendaftar dari sekolah yang ada di Kabupaten Purworejo. Selain lomba untuk siswa juga akan diadakan lomba makanan/ jajanan khas “Gastronomi Fest” yang akan diikuti oleh perwakilan masing- masing kecamatan dengan mengusung makan khas kecamatan masing- masing," jelasnya.

Pada hari kedua Pasar Apresiasi juga akan digelar Parade Budaya diikuti oleh grup kesenian perwakilan masing- masing kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo yang akan menampilkan kesenian tradisonal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres