250 Pesilat Meriahkan Kejurprov Kembang Setaman Jawa Tengah di Kota Magelang

250 Pesilat Meriahkan Kejurprov Kembang Setaman Jawa Tengah di Kota Magelang

Pesilat perempuan dari berbagai daerah di Jawa Tengah bertanding secara sportif Kejurprov Pencak Silat Kembang Setaman 2023 di GOR Samapta Kota Magelang, Sabtu-Minggu, 11-12 November 2023-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Sebanyak 250 pesilat Jawa Tengah dan Bali mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jawa Tengah Persaudaraan Silat Kembang Setaman di GOR Samapta Kota Magelang, Sabtu-Minggu, 11-12 November 2023.

Kejurprov Jawa Tengah sendiri digelar di Kota Magelang karena sebagai kota kelahiran dari Persaudaraan Silat Kembang Setaman.

Ketua Umum Persaudaraan Silat Kembang Setaman, Prof Dr Wening Undasmoro mengatakan, Kejurprov diikuti 17 kontingen dari Jawa Tengah dan Bali.

Tujuan dari Kejurprov adalah sebagai penjaringan atlet-atlet muda silat.

“Kelas yang dipertandingkan dari tingkat SD-SMA karena memang semangat kita adalah menjaring pesilat-pesilat muda berprestasi, sesuai satu tarikan napas dari Kembang Setaman itu sendiri,” ujar Prof Wening.

BACA JUGA:PSHT Gelar Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Magelang

Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) tersebut menjelaskan bahwa Persaudaraan Silat Kembang Setaman lahir di Kota Magelang pada 2 Mei 1975 oleh Hesti Wibowo.

“Hesti Wibowo atau Pak Wiwik ini adalah ayahanda kami. Maka semangat kami adalah menyelenggarakan event kerjurprov di tanah kelahiran Silat Kembang Setaman yakini Kota Magelang,” jelasnya.

Prof Wening berharap, Kejurprov Kembang Setaman Jawa Tengah menjadi wadah untuk anak-anak ini berprestasi dan dapat mengurangi anak-anak kecanduan gadget.

“Tujuan lain dari Kejurprov ini adalah sebagai wadah anak-anak berkompetisi secara sportif dan mengasah kemampuan mereka. Harapannya, dengan adanya wadah maka anak-anak bisa mengurangi penggunaan gawai dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat positif,” tuturnya.

BACA JUGA:SMP Mutual Kota Magelang Raih 61 Medali dari Ajang Kompetisi Silat Dandim Cup 2023

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Kerjurprov Silat Kembang Setaman 2023, Prawerti Prajnajati SH MH menambahkan, ada 250 pesilat yang hadir dari tingkat SD hingga SMA di event Kejurprov kali ini.

“Mereka datang dari 17 klub se-Jawa Tengah dan Bali,” imbuhnya.

Menurutnya, Persaudaraan Silat Kembang Setaman, karya Hesti Wibowo ini sudah mendunia. Bahkan, ada klub Kembang Setaman yang berada di Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres