Lebih Murah dari Kos! Cukup Rp350 Ribu Per Bulan Masyarakat Kota Magelang Sudah Bisa Punya Rumah Sendiri

Lebih Murah dari Kos! Cukup Rp350 Ribu Per Bulan Masyarakat Kota Magelang Sudah Bisa Punya Rumah Sendiri

Kampung Kiringan Kota Magelang yang mendapatkan program Tuku Lemah Entuk Omah, dulu dan sekarang-WIWID ARIF-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Masyarakat Kota Magelang sangat diuntungkan dengan adanya bantuan pembangunan rumah gratis. Syaratnya pun sangat mudah. Warga cukup menyediakan lahan kosong seluas 40 meter persegi dan pembangunan rumahnya akan dicover dari APBD.

Ketua Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Kota Magelang, Marjinugroho menyatakan, program pembangunan rumah gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini menjadi komitmen eksekutif dan legislatif, agar masyarakat terdorong memiliki rumah secara mandiri.

"Program ini merupakan turunan dari Pemprov Jawa Tengah, akan tetapi di Kota Magelang sendiri sudah kami modifikasi agar masyarakat termotivasi memiliki rumah sendiri," kata Marjinugroho yang juga Anggota Komisi C DPRD Kota Magelang tersebut.

Ia menilai kebijakan ini sangat membantu masyarakat, terutama yang belum memiliki rumah sendiri.

BACA JUGA:Cuma Rp400 ribu Sudah Bisa Dapat Rumah di Kota Magelang, Legislator Marjinugroho Beberkan Caranya

Bahkan, jika dikalkulasikan, biaya pengadaan tanah seluas 40 meter persegi ini dirasa lebih murah ketimbang menyewa tempat kos, atau bahkan rumah kontrakan.

"Meskipun memang tergantung dari harga tanah yang ada, tapi kalau kita ambil garis tengahnya, rata-rata lahan seluas 40 meter membutuhkan biaya sebesar Rp40 juta hingga Rp50 juta," ucapnya.

Marjinu mensimulasikan, bila masyarakat mengajukan kredit di Bank Magelang misalnya, dengan angka kredit Rp40 juta, dalam jangka waktu 15 tahun maka angsuran per bulan yang wajib dibayar hanya sebesar Rp350 ribu.

"Angsuran Rp350 ribu per bulan ini bahkan lebih murah daripada indekos yang paling murah sekarang sudah Rp400 ribu. Cuma bedanya, angsuran lebih murah, tapi punya rumah sendiri. Nah, masyarakat tinggal pilih yang mana ini," ujarnya.

BACA JUGA:Begini Cara Mendapat Bantuan Rumah Gratis untuk Masyarakat di Kota Magelang

Forum PKP juga berkomitmen akan mencarikan kredit bagi masyarakat yang menginginkan program ini.

"Kami mendorong supaya masyarakat bisa bekerja sama dengan Bank Magelang, sebagai bank-nya Pemkot Magelang," paparnya.

Selain itu, Forum PKP juga memiliki komitmen untuk mencarikan lahan kosong yang bisa dibeli masyarakat kurang mampu untuk dibangun pemukiman.

BACA JUGA:Komitmen Berantas Rentenir, Berikut Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman di Bank Magelang dengan Bunga 0,25%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres