Kaleidoskop DPRD Kota Magelang 2023, Catatkan Kinerja Baik di Semua Lini

Kaleidoskop DPRD Kota Magelang 2023, Catatkan Kinerja Baik di Semua Lini

Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno (kiri) menyerahkan kesepakatan paripurna kepada Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz di Gedung DPRD Kota Magelang.--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Magelang terus berupaya menggenjot kinerja di sepanjang tahun 2023. Meski ada realisasi kinerja yang belum mencapai target, seperti proyeksi program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) tahun 2023 misalnya, namun secara umum pencapaian tersebut sudah cukup baik.

Selama tahun 2023, DPRD Kota Magelang berhasil menyelesaikan sejumlah peraturan daerah (Perda). Capaian ini dinilai secara umum sudah baik, meski belum sesuai target yang diharapkan.

Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno mengatakan, kinerja pihaknya selama tahun 2023 secara umum sudah baik. Meskipun masih ada satu rancangan peraturan daerah (Raperda) yang masih proses fasilitasi Gubernur Jawa Tengah, karena adanya perubahan peraturan perundangan yang mengaturnya.

"Secara prinsip kita jalannya sudah baik. Kalau sesuai target atau tidak, saya lihat belum sesuai target,” kata Budi Prayitno.

BACA JUGA:Program DPRD Menyapa Kota Magelang dari Aspirasi Dikonversi Jadi Solusi

Politisi PDI Perjuangan itu menilai, semua Perda yang dihasilkan secara keseluruhan bernilai penting. Sebab, semenjak masuk di Propemperda sudah ada pengetatan terkait masing-masing urgensi.

"Organisasi perangkat daerah (OPD) wajib memasukkannya kalau urgen. Baru kemudian dibahas secara intens untuk dijadikan produk hukum Perda,” jelas Budi Prayitno.

Secara umum, kata pria yang akrab disapa Udi itu menilai bahwa tidak banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan di masa yang akan datang.

Meski demikian, dia menyoroti soal kedisiplinan anggotanya yang harus terus ditingkatkan.

"Tahun 2024 kita masih ada pekerjaan pengawasan kebijakan dan program kegiatan yang harus sudah terselesaikan di RPJMD. Tahun 2024 juga perlu kita perhatikan betul, karena masa transisi adanya Pileg yang mungkin ada anggota yang berganti,” katanya.

BACA JUGA:Angkat Isu Kesehatan, Komisi B DPRD Kota Magelang Tuai Pujian Masyarakat

Udi juga menilai bahwa pelaksanaan pembangunan semakin giat digencarkan Pemkot Magelang. Namun begitu, ada sejumlah hal yang perlu dibenahi, terutama menyangkut pelayanan publik dan penjabaran dari program-program eksekutif Pemkot Magelang.


Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno saat menggelar kunjungan kerja bersama awak media di Kabupaten Gunungkidul, Jogjakarta, November 2023 lalu--

Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Magelang, Tyas Anggraeni Bekti Prasetyo menyebutkan, beberapa Peraturan Daerah (Perda) Kota Magelang sudah disahkan menyesuaikan dengan perubahan dinamika yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres