Banyak Keluhan Parkir Nuthuk di Pasar Malam Wonosobo, Begini Kata Petugas

Banyak Keluhan Parkir Nuthuk di Pasar Malam Wonosobo, Begini Kata Petugas

Suasana pasar malam di halaman Unsiq Wonosobo. -ISTIMEWA-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBOMAGELANGEKSPRES - Belum lama, hiburan pasar malam di halaman GOR Unsiq Wonosobo tuai kritikan dari warganet. Sejumlah cuitan beredar di media sosial tentang harga parkir yang nuthuk para pengunjung di acara tersebut.

Pasar malam yang diselenggarakan oleh Berkah Ria 03 itu berlangsung sejak 11 Desember 2023 lalu, dan rencana berakhir pada 3 Januari 2024 mendatang. Namun begitu, pihak panitia mengaku tak tahu-menahu soal parkir di lokasi acaranya.

Salah satu panitia yang dihubungi Wonosobo Ekspres, Ismoyo mengatakan, Berkah Ria 03 tak terlibat dalam pengelolaan parkir kendaraan.

BACA JUGA:VIRAL! Pasar Malam di Unsiq, Bayar Parkir Lebihi Ketentuan

Sehingga pihaknya tidak berhak ikut campur terhadap isu dugaan harga karcis yang nuthuk.

"Kita biasanya hanya fokus di acara, untuk parkir itu dikelola masyarakat setempat. Kita tidak ikut-ikutan, termasuk kita juga tidak menerima persenan dari penarikan parkir," kata Ismoyo.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pihak petugas parkir telah menaikkan harga karcis, tidak sesuai dengan jumlah nominal yang tertulis di kertas tiketnya. Hal itu membuat pengunjung bertanya-tanya hingga sekarang.

Di dalam karcisnya, parkir untuk kendaraan roda dua tercatat hanya Rp 2 ribu, namun dicoret dan diganti menjadi Rp 3 ribu per kendaraan motor. Sementara mobil seharga Rp 5 ribu dalam sekali parkir.

BACA JUGA:Angkutan Umum Ngetem di Wonosobo, Disperkimhub: Masuklah ke Terminal

Akan tetapi pada praktiknya, sejumlah pengunjung justru ditagih lebih mahal dari harga yang semestinya. Per kendaraan motor sempat ditarik Rp 5 ribu, lalu kendaraan mobil Rp 10 ribu.

"Bisa hubungi pihak yang bersangkutan saja. Biar cepat clear, dan tidak berimbas ke acara kita," ujarnya.

Salah seorang petugas parkir di acara pasar malam, Rochmat Muzaki mengaku, kebijakan pengubahan tarif parkir sudah disosialisasikan ke masyarakat. Harga parkir akan normal di hari-hari biasa, dan akan naik di momen tertentu.

"Yang motor itu yang benar Rp 3 ribu. Kadang kita minta Rp 5 ribu, terus kalau mobil Rp 10 ribu, itu karena pas malam minggu, atau pas hari besar. Kita sudah sosialisasi juga kok," katanya saat dikonfirmasi melalui telepon, Kamis (28/12).

Rochmat Muzaki menjelaskan, untuk tarif parkir normal, tiketnya berwarna biru dan diedarkan pada hari-hari biasa. Sedangkan tiket berwarna oranye, untuk parkir kunjungan di hari tertentu seperti yang disebutkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres