Memperbanyak Puasa di Bulan Rajab, Silakan! Tapi Tak Ada Dalil yang Mengkhususkan Puasa di Bulan Rajab

Memperbanyak Puasa di Bulan Rajab, Silakan! Tapi Tak Ada Dalil yang Mengkhususkan Puasa di Bulan Rajab

--

MAGELANG EKSPRES-Diperbolehkan memperbanyak puasa di bulan Rajab. Namun tidak ada dalil yang mengkhususkan berpuasa di bulan Rajab.

Sejatinya Allah memerintahkan  hambanya untuk memperbanyak puasa selain  puasa Ramadhan. Sehingga kita mau berpuasa puasa di bulan apa saja silakan! Namun tidak ada kekhususan untuk berpuasa di bulan Rajab.

BACA JUGA:Berikut Bacaan Doa Malam 1 Rajab dan Amalan yang Dianjurkan di Bulan Rajab

Kita mau puasa Senin-Kamis di bulan Rajab, silakan! Kita mau puasa Dawud di bulan Rajab, silakan! Kita mau puasa 3 hari dalam sebulan, silakan!

Kita diperintahkan untuk berpuasa sunnah sepanjang tahun selama  tidak di hari terlarang. Silakan memperbanyak puasa di bulan apa saja! Namun tidak ada yang mengkhususkan berpuasa di bulan Rajab.

Bulan Rajab termasuk bulan Haram. Yakni bulan yang dimuliakan oleh Allah Ta'ala.

Bulan Rajab mempunyai keutamaan sebagaimana yang dimiliki oleh 3 bulan Haram lainnya yakni Dhulqodah, Dzulhijjah dan Muharram.

BACA JUGA:Bolehkah Membatalkan Puasa Sunnah karena Dijamu Makanan?

Dalam 4 bulan Haram, yakni bulan Rajab, Dhulqodah, Dzulhijjah dan Muharram syariat mengharuskan umat Islam memperbanyak amal-amal sholeh. Seperti berpuasa, shalat, sedekah, membaca Al Quran, menuntut ilmu dan amalan-amalan lainnya. Namun tidak ada dalil yang mengkhususkan berpuasa di bulan Rajab.

Allah Ta’ala akan melipatkan pahala bagi umatnya yang melakukan amal-amal kebaikan pada 4 bulan tersebut, termasuk bulan Rajab.

Setiap amal sholeh yang dikerjakan pada bulan Rajab akan mendapatkan pahala berlimpah. Maka sebagai umat muslim yang taat tentu akan memperbanyak amal-amal sholeh pada bulan Rajab, seperti memperbanyak membaca Alquran, mengerjakan shalat sunnah, bersedekah, silaturahim, menuntut ilmu syar’i dan amal-amal kebaikan lainnya.

Dosa di Bulan Rajab juga Dilipat gandakan

Sebaiknya, bila seseorang melakukan kemaksiatan atau perbuatan-perbuatan dosa lainnya maka Allah juga akan melipatgandakan dosa-dosa tersebut.

Jadi kalau kita melakukan perbuatan dosa pada bulan Rajab maka dosanya akan ditambah menjadi lebih berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres