Tidak Ada Amalan-amalan Khusus Menyambut Bulan Ramadhan, Sambutlah dengan Bergembira!

Tidak Ada Amalan-amalan Khusus Menyambut Bulan Ramadhan, Sambutlah dengan Bergembira!

--

“Barangsiapa melakukan puasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 2014  dalam Shalat Tarawih, Bab “Keutamaan Lailatul Qadr”, dan Muslim no. 760 dalam Shalat Musafir dan Qasharnya, Bab  “Motivasi Qiyam Ramadhan”)

BACA JUGA:Panduan Ibadah Saat Ramadhan

Aku tidak mengetahui ada amalan tertentu untuk menyambut bulan Ramadhan selain seorang muslim menyambutnya dengan bergembira, senang dan penuh suka cita serta bersyukur kepada Allah karena sudah berjumpa kembali dengan bulan Ramadhan.

Semoga Allah memberi taufik dan menjadikan kita termasuk orang yang menghidupkan Ramadhan dengan berlomba-lomba dalam melakukan amalan shalih.

Dari penjelasan singkat di atas dapat kita ambil pelajaran bahwa tidak ada amalan-amalan khusus untuk menyambut bulan Ramadhan selain bergembira dalam menyambutnya, melakukan taubat nashuhah, dan melakukan persiapan untuk berpuasa serta bertekad menghidupkan bulan tersebut.

Oleh karena itu, tidaklah tepat ada yang meyakini bahwa menjelang bulan Ramadhan adalah waktu utama untuk menziarahi kubur orang tua atau kerabat yang dikenal dengan nyadran. Kemudian padusan atau mandi besar dan maaf memaafkan diantara umat Islam.

BACA JUGA:Puasa Tiga Hari Setiap Bulan, Amalan Ringan Pahalanya Seperti Puasa Sepanjang Tahun

Semoga dengan bertambahnya ilmu yang bernanfaat, kita semakin baik dalam beramal. Sehingga senantiasa mendapatkan petunjuk untuk beramal sesuai tuntunan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: