Hikmah di Balik Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui Mulai Sekarang

Hikmah di Balik Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui Mulai Sekarang

--

MAGELANG EKSPRES-Sudah tak sabar kita menyambut bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari. Semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang diberi kesempatan oleh Allah Ta'ala berjumpa pada bulan Ramadhan tahun ini.

Kita sudah mengetahui bahwa puasa Ramadhan itu diwajibkan bagi setiap muslim, yang baligh, berakal, dalam kondisi sehat, bermukim, serta suci dari haidh dan nifas.

Namun di balik perintah menjalankan syariat dalam Islam tersebut, ternyata ada hikmah di balik perintah puasa di bulan Ramadhan.

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 183).

BACA JUGA:Padusan dan Nyadran, Amalan Jelang Ramadhan yang Tidak Diajarkan Rasulullah

Ayat ini menunjukkan bahwa di antara hikmah puasa adalah agar seorang hamba dapat menggapai derajat taqwa dan puasa adalah sebab meraih derajat yang mulia ini. Hal ini dikarenakan dalam puasa, seseorang akan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi setiap larangan-Nya. Inilah pengertian taqwa.

Penulis mencoba merangkum hikmah di balik ibadah puasa Ramadhan yang disampaikan para ulama. Diantara hikmah di balik puasa Ramadhan adalah :

1. Orang yang berpuasa akan meninggalkan setiap larangan Allah Ta'ala.

Seseorang wajib meninggalkan makan, minum, berjima’ dengan istri dan sebagainya yang sebenarnya hati sangat condong dan ingin melakukannya. Ini semua dilakukan dalam rangka taqorrub atau mendekatkan diri pada Allah dan meraih pahala dari-Nya. Inilah bentuk taqwa.

2. Orang yang berpuasa merasa selalu diawasi Allah

Orang yang berpuasa sebenarnya mampu untuk melakukan kesenangan-kesenangan duniawi yang ada. Namun dia mengetahui bahwa Allah selalu mengawasi diri-Nya. Ini juga salah bentuk taqwa yaitu merasa selalu diawasi oleh Allah.

BACA JUGA:Tidak Ada Amalan-amalan Khusus Menyambut Bulan Ramadhan, Sambutlah dengan Bergembira!

3. Orang yang berpuasa bersemangat melakukan ketaatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres