Sederet Prestasi Prabowo di Militer, Qodari Nilai Sangat Pantas Terima Bintang 4

Sederet Prestasi Prabowo di Militer, Qodari Nilai Sangat Pantas Terima Bintang 4

Presiden RI Joko Widodo menganugerahkan Prabowo Subianto gelar bintang penuh atau jenderal bintang 4 di Jakarta, belum lama ini-IST/MAGELANG EKSPRES-

JAKARTA, MAGELANGEKSPRES — Penganugerahan gelar kehormatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebagai jenderal bintang 4 atau jenderal penuh adalah suatu tindakan yang sangat layak diberikan.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari dikutip dari akun Youtube Panangian Simanungkalit, Kamis, 29 Februari 2024.

Menurut Qodari, Prabowo dianggap berjasa dan memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan bangsa.

Terutama dalam bidang pertahanan dan keamanan, dan memiliki rekam jejak karier yang gemilang di dunia militer.

Dalam konteks militer, Qodari menyebut bahwa Prabowo pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus pada periode 1996-1998.

BACA JUGA:Prabowo Naik Pangkat Istimewa Jadi Bintang 4, Pengamat Militer Bilang Begini

Prabowo juga merupakan sosok yang tak terpisahkan dari berbagai prestasi yang telah diraih oleh Kopassus sebagai bagian dari Komando Utama milik TNI Angkatan Darat (TNI AD) yang dihormati di dunia internasional.

“Karena kontribusi Prabowo sangat besar yang telah membangun postur Kopassus dan menjadikannya pasukan elit yang sangat dihormati, serta meraih prestasi-prestasi internasional, maka sangat layak mendapat bintang penuh itu,” kata Qodari.

Peran Prabowo yang sentral juga terekam sejarah, seperti ketika jadi Danjen Kopassus, Prabowo terlibat dalam memimpin operasi pembebasan sandera Mapenduma, Papua.

Diketahui, operasi Mapenduma adalah operasi militer yang dilakukan untuk membebaskan 26 peneliti yang tergabung dalam Ekspedisi Lorentz 95. Mereka disandera oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Desa Mapenduma, Kecamatan Tiom, Jayawijaya, Papua.

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Beri Santunan Ahli Waris Petugas Pemilu yang Meninggal Mencapai Rp2,57 Miliar

Proses pembebasan sandera ini berlangsung selama 129 hari.

Keberhasilan operasi pembebasan sandera di Mapenduma, Papua dianggap sebagai salah satu pencapaian penting dari Prabowo Subianto dalam bidang militer.

Kemudian, sebagai Menteri Pertahanan saat ini, reputasi Prabowo semakin dikenal secara internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres