Target Amalan Muslim di Bulan Ramadhan, Khatamkan Al Qur’an Minimal 1 Kali

Target Amalan Muslim di Bulan Ramadhan, Khatamkan Al Qur’an Minimal 1 Kali

Target Amalan Muslim di Bulan Ramadhan, Khatamkan Al Qur’an Minimal 1 Kali--

MAGELANG EKSPRES- Bulan Ramadhan semakin dekat, tinggal beberapa hari lagi. Mulai siapkan diri mulai sekarang. Berdoa pada Allah Ta’ala agar bisa dipertemukan pada bulan Ramadhan tahun ini.

Setelah mengetahui kemulian bulan Ramadhan maka hendaklah kita bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Kalau kita tidak bisa memanfaatkan waktu bulan Syaban untuk persiapan bulan Ramadhan maka sangat sulit untuk bisa mengerjakan puasa Ramadhan dengan sempurna.

Banyak amal ibadah yang bisa dikerjakan di bulan Ramadhan. Diantaranya adalah memperbanyak membaca Al Qur’an yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Jangan menjadi orang-orang yang rugi karena tidak bisa memanfaatkan bulan Ramadhan untuk beribadah pada Allah Ta’ala.

BACA JUGA:Hukum Memakai Jimat Kalung Bertulisan Ayat Al Qur’an Menurut Ulama, Haram atau Tidak ?

Mulai sekarang siapkan diri kita dan niatkan bisa mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan. Minimal satu kali khatam dalam bulan Ramadhan.

Kalau pada Ramadhan tahun lalu belum bisa khatam Al Qur’an maka tahun ini berniat dan berusaha agar bisa khatam minimal satu kali. Bagi yang sudah bisa khatam 1 kali maka bisa ditingkatkan menjadi 2 kali atau 3 kali atau lebih.

Perlu kita tanamkan dalam diri kita bahwa amalan yang kita kerjakan pada bulan Ramadhan tahun ini harus lebih baik dari Ramadhan sebelumnya. Maka mulai sekarang, kita harus menargetkan bisa khatam Al Qur’an lebih banyak dari bulan Ramadhan sebelumnya.

Tentu lebih baik kalau lebih dari satu kali, yakni bisa khatam Al Qur’an 2 kali, 3 kali, 4 kali, 5 kali dan seterusnya.

BACA JUGA:Pengobatan dengan Ruqyah yang Dicontohkan Rasulullah, Sumbernya Al Qur’an dan Doa serta Dzikir Rasulullah

Bagi yang berniat mengkhatamkan Al Qur’an pada bulan Ramadhan maka ada cara mudah yang bisa dipraktikan.

1. Al Qur’an terdiri dari 30 juz

2. 1 juz terdiri dari 20 halaman (10 lembar)

3. Bila Anda punya taget 1 kali khatam maka  setiap shalat 5 waktu untuk membaca 4 halaman (2 lembar), bisa dipilih sebelum dan sesudah shalat. Atau bisa dibagi dengan sebelum shalat membaca 1 lembar dan sesudahnya membaca 1 lembar.

4. Bila 1 hari bisa 1 juz yang didapatkan maka sebulan bisa dapat 30 juz

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: