Target Amalan Muslim di Bulan Ramadhan, Khatamkan Al Qur’an Minimal 1 Kali

Target Amalan Muslim di Bulan Ramadhan, Khatamkan Al Qur’an Minimal 1 Kali

Target Amalan Muslim di Bulan Ramadhan, Khatamkan Al Qur’an Minimal 1 Kali--

5. Bila target kita lebih dari satu, misalnya targetka 2 juz maka tinggal dibagi dalam lima shalat fardhu yang kita kerjakan. Ini sangat memudahkan kita untuk bisa mengejar target yang telah ditentukan.

Dalam sebuah hadits ‘Abdullah bin ‘Amr berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Bacalah (khatamkanlah) Al Quran dalam sebulan.” ‘Abdullah bin ‘Amr lalu berkata, “Aku mampu menambah lebih dari itu.” Beliau pun bersabda, “Bacalah (khatamkanlah) Al Qur’an dalam tujuh hari, jangan lebih daripada itu.” (HR. Bukhari No. 5054).

BACA JUGA:Jangan Khawatir! 8 Jalan Rezeki Manusia Sejak Lahir hingga Mati Sudah Diatur dalam Al Qur’an

Namun kata Imam Nawawi, “Kebanyakan ulama berpendapat bahwa tidak ada batasan hari dalam mengkhatamkan Al Qur’an, semuanya tergantung pada semangat dan kekuatan. Dan ini berbeda-beda satu orang dan lainnya dilihat dari kondisi dan person.” (Fathul Bari, 9: 97).

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

1. Dijanjikan dua pahala bagi yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata

Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka ia bersama para malaikat yang mulia (bersih dari maksiat) dan taat dalam kebaikan. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur’an dengan terbata-bata dan merasa kesulitan ketika membacanya, maka baginya dua pahala.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Bukhari, no. 4937 dan Muslim, no. 798]

Hadits ini menunjukkan keutamaan orang yang mahir dalam Al-Qur’an. Juga menunjukkan pahala yang berlipat bagi orang yang terbata-bata dalam membaca Al-Qur’an karena sebab usaha kerasnya.

2. Satu Huruf yang Dibaca dari Al-Qur’an Sudah Diganjar Pahala

Dalam hadits lain, Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tetapi aliif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf.” (HR. Tirmidzi, no. 2910. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih). [HR. Tirmidzi, no. 2910. Syaikh Salim bin ‘Ied Al-Hilaly mengatakan bahwa sanad hadits ini sahih].

BACA JUGA:Unsiq Wonosobo Siap Mendunia Dengan Konsep Cyber University Dan Spirit Al Qur’an

Hadits ini menunjukkan bahwa pahala membaca Al-Qu’ran itu dihitung per huruf, bukan per kata.

Allah bakal melipatkan gandakan pahala bagi orang-orang yang melakukan amal kebaikan. Jangan pernah remehkan kesempatan itu. Siapkan diri kita untuk memperbanyak amal kebaikan di bulan Ramadhan. Semoga Allah Ta’ala memudahkan niat baik kita. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: