Isi Ramadhan Anda dengan Tiga Perkara ini!

Isi Ramadhan Anda dengan Tiga Perkara ini!

Isi Ramadhan Anda dengan Tiga Perkara ini!--

Ketiga, takut kepada Allah

Seseorang yang cinta kepada Allah, berharap kepada Allah maka harus diiikuti takut kepada Allah.

Tidak bisa di dunia merasa aman, kemudian nanti di akhirat aman. Demikian sebaliknya, seorang yang takut di dunia, nanti juga akan ketakutan di akhirat. Tidak akan bersatu antara dua rasa aman dan dua rasa takut.

Kenapa?

Sebab harus menggabungkan salah satunya.

Kalau di dunia takut kepada Allah maka Allah memberikan keamanan di akhirat.

Kalau di dunia tidak takut kepada Allah maka nanti di akhirat  akan sangat takut kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Takut dengan kemurkaan dan takut dengan neraka Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Bulan Ramadhan hendaknya menjadi moment bagi kita semua umat Muslim untuk benar-benar cinta kepada Allah, berharap hanya kepada Allah; dan serta melatih rasa takut kita kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

BACA JUGA:3 Bekal Bulan Ramadhan yang Perlu Disiapkan Mulai Sekarang

Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullah mengibaratkan hal itu seperti burung. Burung yang terbang dengan dua sayapnya arus imbang, yaitu rasa takut kepada Allah dan rasa harap kepada Allah. Ini dua sayap, takut kepada Allah dan berharap kepada Allah. Ini dua sayap yang harus imbang. Dan tidak akan hidup kecuali burung punya kepala.

Maka kepala itu menunjukkan cinta kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dengan cinta kepada Allah, dia hidup. Dengan takut kepada Allah dan berharap kepada Allah maka ia akan bisa terbang.

Demikianlah keharusan kita di dalam ibadah, harus terkumpul tiga perkara yakni cinta kepada Allah, serta takut dan berharap kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: