3 Bekal Bulan Ramadhan yang Perlu Disiapkan Mulai Sekarang

3 Bekal Bulan Ramadhan yang Perlu Disiapkan Mulai Sekarang

3 Bekal Bulan Ramadhan yang Perlu Disiapkan Mulai Sekarang--

MAGELANG EKSPRES- Saat ini sudah masuk bulan Syaban. Berarti kurang dari sebulan lagi bakal masuk bulan Ramadhan.

Ramadhan menjadi bulan yang sangat spesial bagi kaum Muslimin di seluruh dunia. Pada bulan Ramadhan diwajibkan kaum Muslimin untuk berpuasa selama sebulan.

Sebagai kaum Muslimin yang taat hendaklah mulai menyiapkan bekal menyambut bulan Ramadhan.

Sehingga hati dan jiwa semakin mantab dalam mengerjakan ibadah tersebut. Sebab, di bulan itu banyak ibadah yang pahalanya sangat besar apabila dikerjakan seperti, shalat malam, bersedekah, membaca Al Quran dan lainnya.

BACA JUGA:Kurangi Main HP, Waktu Ramadhan Tidak Lama, Jaga dengan Kebaikan!

Dengan menyiapkan bekal yang cukup paling tidak bisa membimbing kita sehingga bisa mengerjakan ibadah puasa yang benar sesuai dengan syariat.

Dengan bekal yang cukup juga bisa memandu kita untuk melakukan amalan-amalan sholeh lain selama bulan Ramadhan. Apalagi banyak keutamaan bulan Ramadhan yang bisa kita dapatkan kalau dapat mengisi dengan amalan-amalan kebaikan seperti yang diajarkan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam.

Diantara bekal khusus yang harus disiapkan bagi kaum Muslimin menjelang bulan Ramadhan, yakni :

1. Bekal Ilmu

Ilmu menjadi bekal utama bagi Muslim yang akan mengerjakan ibadah, termasuk puasa di bulan Ramadhan. Tanpa bekal ilmu yang cukup maka seseorang tak akan bisa mengerjakan ibadah puasa yang benar sesuai syariah.

Yang dikhawatirkan bagi seseorang yang bekalnya kurang maka bisa mengakibatkan puasanya tidak sah atau batal. Tak akan mendapatkan pahala bahkan berdosa.

Hati-hati! Jangan pernah meremehkan ilmu. Dengan bekal ilmu yang cukup maka kita akan menuai manfaat yang banyak dan tidak asal-asalan dalam mengerjakan ibadah puasa.

Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,

مَنْ عَبَدَ اللهَ بِغَيْرِ عِلْمٍ كَانَ مَا يُفْسِدُ أَكْثَرَ مِمَّا يُصْلِحُ

“Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.” (Al Amru bil Ma’ruf, hal. 15).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: