Hari Jumat adalah Hari yang Terbaik, Jangan Lalaikan 3 Amal Sholeh ini!

Hari Jumat adalah Hari yang Terbaik, Jangan Lalaikan 3 Amal Sholeh ini!

--

MAGELANG EKSPRES-Sebaik-baiknya hari adalah hari Jumat. Maka hendaklah kita menghias diri pada hari Jumat dengan amal-amal shaleh untuk mendapatkan rahmat dan keberuntungan dari Allah Ta'ala.

Hari Jumat adalah hari yang agung. Terjadi peristiwa-peristiwa besar, di antaranya diciptakannya Adam, dimasukkanya Adam ke surga dan dikeluarkannya Adam dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi melainkan pada hari Jumat.

Janganlah meremehkan hari Jumat, kecuali mengisi dengan amal-amal shaleh seperti yang dituntunkan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam.

BACA JUGA:Ingin Dekat dengan Rasulullah di Hari Kiamat? Perbanyak Shalawat di Hari Jumat!

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 854]

Dari Aus bin ‘Aus radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam

bersabda,“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat.

Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan.” (HR. Abu Daud, no. 1047; An-Nasai, no. 1374; Ibnu Majah, no. 1085 dan Ahmad, 4:8. Hadits ini sahih kata Syaikh Al-Albani).

Namun begitu kita seringkali melalaikan amal-amal sholeh di hari Jumat. Pada amal-amal sholeh tersebut sangat ditekankan untuk dikerjakan pada hari yang mulai itu. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam.

Diantaranya ada 3 amal sholeh yang dilalaikan di hari Jumat adalah :

1. Memperbanyak Shalawat Nabi

Dari Abu Umamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَكْثِرُوا عَلَىَّ مِنَ الصَّلاَةِ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ فَإِنَّ صَلاَةَ أُمَّتِى تُعْرَضُ عَلَىَّ فِى كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ ، فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَىَّ صَلاَةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّى مَنْزِلَةً

“Perbanyaklah shalawat kepadaku  pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.”

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Amalan Jumat Terakhir Bulan Rajab Menjemput Keberkahan dan Kelancaran Rezeki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: