Pembangunan Bendungan Bener Purworejo Capai 42 Persen

Pembangunan Bendungan Bener Purworejo Capai 42 Persen

MONITORING BENDUNGAN BENER. Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH beserta rombongan melakukan monitoring ke lokasi Bendungan Bener, Jumat (7/6).-EKO SUTOPO-MAGELANG EKSPRES

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES Progres pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Bendungan Bener telah mencapai 42 persen. Bendungan Bener diperkirakan selesai dibangun tahun 2026 dan mulai dapat dimanfaatkan pada tahun 2027.

Hal itu diketahui saat Bupati Purworejo, Hj Yuli Hastuti SH, beserta rombongan melakukan monitoring ke lokasi Bendungan Bener, Jumat, 7 Juni 2024.

Pada kesempatan itu, Bupati meninjau langsung Main Dam yang berada di dasar bendungan.

BACA JUGA:Keluarga Korban Laka Sungai Kodil Purworejo Dapat Bantuan Pemkab

Yuli melihat dan mengamati proses pembangunan bendungan. Tampak beberapa kali Bupati berbincang dengan pihak terkait memastikan proses pembangunan berjalan lancar. 

"Kira-kira Bendungan Bener ini dapat beroperasi mulai tahun berapa? Kami berharap bendungan dapat diselesaikan tepat waktu, mengingat peran bendungan ini sangat penting untuk masyarakat," tanyanya. 

Menanggapi hal itu, Yushar Yahya dari BBWS Serayu Opak menerangkan bahwa saat ini secara keseluruhan, proses pembangunan Bendungan Bener telah mencapai 42 persen. 

BACA JUGA:Purworejo Raih 3 Tiket ke Nasional dalam Ajang FLS2N 2024 Jenjang SMA

"Bendungan Bener diperkirakan selesai dibangun tahun 2026 dan pemanfaatan direncanakan pada tahun 2027," jelasnya. 

Diungkapkan, Main Dam Bendungan Bener masih dalam proses pembangunan yang dilakukan dengan sangat cermat. 

"Main Dam ini merupakan salah satu bangunan pokok bendungan yang fungsinya sangat penting, yakni menahan tampungan air," ungkapnya.

BACA JUGA:Purworejo UHC Prioritas, BPJS Kesehatan Lanjutkan Sinergitas dengan Kejari

Sementara itu, Camat Bener, Vivin Suryandari Feriyani SSTP MM, mengaku senang karena Bupati bersedia mengunjungi Bendungan Bener. Terlebih kunjungan ini merupakan kali pertama selama adanya PSN.

"Kunjungan Bupati Purworejo ke Bendungan Bener baru dilakukan oleh ibu Hj Yuli Hastuti, bupati sebelumnya belum pernah. Semoga momentum ini dapat memberikan motivasi lebih dan kami merasa disupport," terangnya. (top)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres