Seri Berbuat Baik #3, Jaga Hubungan Kekerabatan, Jangan Sampai Putus

Seri Berbuat Baik #3, Jaga Hubungan Kekerabatan, Jangan Sampai Putus

Seri Berbuat Baik #3, Jaga Hubungan Kekerabatan, Jangan Sampai Putus--

MAGELANG EKSPRES-Kita diperintahkan untuk menjaga hubungan kekerabatan. Yakni dimaksud kekerabatan adalah satu rahim dan satu nasab. Jaga hubungan kekerabatan itu, jangan diabaikan dan jangan sampai putus.

Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah, berapa banyak manusia yang baik kepada sahabatnya, tetangga-tetangga rumahnya, tapi dengan kerabatnya, yang ada hubungan keluarga, dia tidak peduli sama mereka. Tidak tahu kalau ada kerabatnya sakit, ada yang hidupnya susah.

Maka untuk menjaga hubungan kekerabatan itu, Ustadz Syafiq memberikan nasehat. Misalnya  membuat grup keluarga dalam medsos. Bisa pakai Whatsapp, Telegram, Facebook atau yang lainnya. Keluarga dikumpulkan untuk saling menjaga.

BACA JUGA:Seri Berbuat Baik #2, Jangan Membentak Orang Tua, Walaupun Dengan Perkataan

Kalau mungkin ada satu yang sakit. Maka maka anggota grup keluarga bisa membantu. Menjalankan perintah Allah untuk berbuat baik kepada kerabat; siapa di antara mereka yang susah.

"Mungkin, ada kerabat kita yang susah tidak cerita. Ada lagi yang kekurangan dana, kekurangan makanan pokok, kena PHK atau apa pun. Mungkin  dia malu mau ngomong. Terus, siapa yang ngomong? Yang tahu, mungkin kakaknya, mungkin sepupunya yang paling dekat. Ini jadi kesempatan kita untuk memberikan manfaat kepada arhaam kepada rahim kita. Karena masih banyak di antara kita yang suka berbuat baik kepada orang lain. Jadi, dia itu melewati banyak fadilah untuk mendapatkan fadilah yang enggak banyak," ungkapnya.

Allah berfirman,

{ وَٱلَّذِينَ يَصِلُونَ مَآ أَمَرَ ٱللهُ بِهِ ۦٓ أَن يُوصَلَ وَيَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُونَ سُوٓءَ ٱلْحِسَابِ ۞ }

"Dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk." (QS. Ar-Ra'd: 21)

Ayat ini menjelaskan tentang orang-orang yang berakal, tentang orang-orang yang cerdas.

Mereka berjanji akan mentauhidkan Allah 'Azza wa Jalla, dan taat sama Allah. Mereka adalah orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan oleh Allah agar dihubungkan.

BACA JUGA:Seri Berbuat Baik #1, Jangan Remehkan Berbuat Baik Sekecil Apa pun!

"Begitu pula kita yang menganggap dirinya berakal. Ketika ada perintah Allah untuk dihubungkan engkau tidak menghubungkan, maka engkau enggak pakai akal.Yang mendorong mereka melakukan itu, karena mereka takut sama Allah 'Azza wa Jalla. Mereka takut dengan hisab. Akan ada perhitungan. Beriman dengan hari akhir inilah yang menjadi motor penggerak orang itu menyambung rahimnya."

Kenapa kita harus berbuat baik sama kerabatmu?

Kata Ustadz Syafiq, biasanya orang berbuat baik sama kerabat tidak ada yang tahu. Tapi kalau kita membantu karpet masjid maka seluruh jamaah masjid akan tahu. Tapi kalau kita memberikan sajadah kepada kerabat untuk shalat, siapa yang tahu? Yang tahu Allah 'Azza wa Jalla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: