Kota Magelang Raih Predikat Pemda dengan Kinerja Baik APN 2024

Kota Magelang Raih Predikat Pemda dengan Kinerja Baik APN 2024

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Hamzah Kholifi, menerima piagam penghargaan tersebut dari Direktur Pelaksana IIPG, Irham Dilmy-IST-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.COM -- Kota Magelang mendapatkan pengakuan sebagai Pemerintah Daerah yang menunjukkan Kinerja dan Tata Kelola yang Unggul di Tingkat Kota untuk Kategori Umum dalam Anugerah Pandu Negeri (APN) tahun 2024.

 Penghargaan ini adalah simbol bergengsi dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Hamzah Kholifi, menerima piagam penghargaan tersebut dari Direktur Pelaksana IIPG, Irham Dilmy, pada acara puncak APN 2024 yang berlangsung di Hotel Aryayuda, Jakarta, pada hari Kamis, 5 September 2024.

BACA JUGA:Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas Genre Kota Magelang

Turut hadir pada kesempatan itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas sebagai pembicara kunci, Wakil Presiden periode 2009-2014 yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat IIPG, Boediono, serta Menkominfo 2009-2014 yang berperan sebagai Ketua Umum IIPG, Rudiantara.

Selain itu, ada sebanyak 91 kepala daerah dan perwakilan pemerintah daerah yang menerima APN 2024.

Hamzah Kholifi menyatakan bahwa penghargaan ini berfungsi sebagai pendorong bagi pemerintah daerah untuk memperkuat kapasitas dalam pengelolaan pemerintahan, guna mempercepat reformasi birokrasi menuju standar kelas dunia.

BACA JUGA:8 Puncak di Perbukitan Menoreh, Salah Satunya Bisa Lihat Candi Borobudur!

"Dari penghargaan yang diterima ini, jelas membuktikan bahwa Pemkot Magelang mampu membuktikan tata kelola birokrasi yang terbaik," katanya.

Ia mengungkapkan bahwa hal ini sejalan dengan prestasi indeks Reformasi Birokrasi Kota Magelang yang telah meraih nilai A (84,85) dengan predikat Memuaskan dari Kemenpan RB RI, menjadikan Kota Magelang sebagai yang teratas di seluruh kawasan Jawa Tengah.

"APN dan Indeks RB ini, tentunya punya korelasi terhadap dampak langsung terhadap tata kelola pelayanan publik dan pencapaian indikator kinerja dari mulai indikator kinerja tujuan, sasaran, program, sehingga diharapkan akan memacu lebih baik lagi di tahun mendatang," paparnya.

BACA JUGA:SELAMAT! Bambang Pulunggono Resmi Jabat Direktur Utama PDAM Kota Magelang

Rudiantara, sebagai Ketua Umum IIPG, mengungkapkan bahwa telah dibentuk sebuah tim independen yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan dan penyeimbangan.

Selain itu, juga melakukan verifikasi ulang guna memastikan bahwa hasil penilaian sejalan dengan lima prinsip tata kelola yang baik, yaitu transparansi, independensi, tanggung jawab, akuntabilitas, dan keadilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres