KPU Kabupaten Magelang Umumkan Calon Anggota PPK Lolos Seleksi Hari Ini

KPU Kabupaten Magelang Umumkan Calon Anggota PPK Lolos Seleksi Hari Ini

Komisioner KPU Kabupaten Magelang menggelar seleksi wawancara kepada calon anggota PPK selama tiga hari berturut-turut-INSTAGRAM/@KPUKABUPATENMAGELANG-TANGKAPAN LAYAR

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Tinggal selangkah lagi, tahapan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Kabupaten Magelang 2024 selesai sudah. Sebanyak 286 peserta dinyatakan lolos seleksi Computer Assisted Test (CAT) mengikuti seleksi wawancara yang dimulai pada Sabtu, 11 Mei hingga Senin, 13 Mei 2024.

Ketua KPU Kabupaten Magelang, Ahmad Rofik, dilansir dari laman KPU Kabupaten Magelang menjelaskan, seleksi wawancara dibagi tiga hari untuk tujuh kecamatan setiap harinya di Balkondes Tuksongo Borobudur mulai pukul 08.00-22.00 WIB.

Berbeda dengan tes tertulis CAT, seleksi wawancara lebih bertujuan untuk menggali lebih dalam terkait integritas dan loyalitas para peserta.

“Pertanyaan yang diajukan seputar motivasi mengikuti seleksi dan sejauh mana pemahaman mereka menjaga integritas maupun loyalitas sebagai penyelenggara pemilihan," katanya.

BACA JUGA:Pengumuman Calon PPK Kota Magelang yang Lolos CAT dan Wawancara Pilkada 2024

Seleksi wawancara bagi calon anggota PPK Pilkada 2024 di Kabupaten Magelang, lanjut dia, hasilnya akan diumumkan pada tanggal 14-15 Mei 2024.

"Lalu tahapan akhir yakni pelantikan akan digelar pada 16 Mei 2024," terangnya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosialiasi Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM, Bagyo Harsono menambahkan, 311 peserta calon anggota PPK bersaing ketat untuk lanjut ke tahap seleksi wawancara.

Jumlah peserta wawancara sendiri merupakan tiga kali kebutuhan jumlah anggota PPK di 21 kecamatan.

BACA JUGA:215 Calon PPK di Wonosobo Lolos CAT, Termasuk yang Terlibat Kasus Riswahyu

Pada tahap pengumuman peserta lolos seleksi wawancara, akan diambil 5 terbaik dari masing-masing kecamatan atau sebanyak 105 personel PPK untuk seluruh kecamatan di Kabupaten Magelang.

“Diambil lima besar pada tiap kecamatan sebagai penyelenggara Pilkada serentak 2024," jelasnya.

Bagyo menyebutkan, antusiasme masyarakat Kabupaten Magelang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada serentak November 2024, terutama PPK sangatlah tinggi. Terbukti dengan membeludaknya pelamar PPK yang dibuka KPU sebelumnya.

“Total ada 363 pelamar lolos seleksi administrasi dari 105 PPK yang kami butuhkan di 21 kecamatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres