Ketua DPRD Kota Magelang Bangga Fasilitas Kesehatan Wilayah Kian Lengkap

Ketua DPRD Kota Magelang Bangga Fasilitas Kesehatan Wilayah Kian Lengkap

PERESMIAN. Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno beserta Ketua Yayasan Dr YAP Prawirohusodo, Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo, Rabu (20/7) resmi meluncurkan Laser-Assisted In Situ Keratomileusis atau Lasik di KUM Dr YAP Magelang.(foto : d--Magelangekspres.com

KOTA Magelang pantas bangga karena daerah seluas 18,53 kilometer persegi ini punya klinik spesialis mata berkaliber nasional. Klinik Utama Mata (KUM) Dr YAP yang berdiri di Jalan Soekarno-Hatta Kota Magelang itu punya peralatan lengkap dan super canggih.

Terbaru, KUM YAP Magelang memamerkan metode operasi mata yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit, bernama Laser-Assisted In Situ Keratomileusis atau Lasik.

Lasik merupakan salah satu prosedur bedah refraksi yang bertujuan untuk memperbaiki tajam penglihatan seseorang dengan mengubah bentuk kornea. Alhasil, orang yang mendapatkan layanan ini tidak perlu menggunakan kacamata untuk beraktivitas.

Lasik ini resmi diluncurkan oleh Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno beserta Ketua Yayasan Dr YAP Prawirohusodo, Gusti Bendara Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo, Rabu (20/7). Turut mendampingi Kepala Klinik Utama “Dr Yap” Magelang, dr Rinanto Prabowo SpM(K) MSc.


Perasaan bangga dan bersyukur pun tersibak dari raut wajah Ketua DPRD Kota Magelang, Budi Prayitno. Pimpinan dewan tersebut mengaku pernah menderita sakit mata, yang menurutnya sangat menyakitkan.


”Saya adalah pelaku langsung. Waktu itu sakit mata dan harus dioperasi. Saya tahu di Kota Magelang ada Klinik Mata Dr YAP. Yang buat saya kagum, pelayanannya. Dari mulai tukang parkir, petugas keamanan, sampai resepsionisnya semua menerapkan keramahan,” kata pria yang karib disapa Udi itu.


Dia juga turut merasa bangga karena di Kota Magelang yang notabenenya tak memiliki sumber daya alam (SDA), namun fasilitas kesehatan dan pendidikannya begitu lengkap. KUM Dr YAP pun sekaligus menambah daya tarik Kota Magelang di tingkat regional.


”Selama ini perhatian kita tertuju kalau Rumah Sakit Mata (RSM) Dr YAP itu cuma ada di Jogja, Semarang, Jakarta. Sekarang Kota Magelang sebagai kota jasa, punya KUM Dr YAP, yang tentunya menjadi kebanggaan kita semua. Kita berdiri sejajar dengan kota-kota besar lainnya,” tandasnya.


Klinik Utama Mata Dr YAP, kata Udi, juga bagian dari iklim investasi yang terbilang maju di Kota Magelang. Sejak berdiri November 2021 sampai sekarang, keberadaannya sangat bermanfaat bagi masyarakat.


Ia pun mengapresiasi, layanan Lasik yang super praktis dan cepat ini. Terobosan tersebut menjadi bukti kebermanfaatan teknologi di bidang medis. Kota Magelang sukses membuat lompatan teknologi, melalui KUM Dr YAP.
”Kami di dewan sebagai representasi masyarakat tentu sangat berharap layanan kesehatan di Kota Magelang semakin lengkap. Sekarang sudah punya layanan khusus mata, ke depan kami harapkan ada lagi layanan kesehatan khusus, seperti tulang dan lainnya,” katanya.


Menurutnya, layanan kesehatan mata sangat penting bagi masyarakat, karena mata salah satu organ penting di tubuh manusia. Dia berharap, upaya penanggulangan kesehatan mata secara aktif dan berkesinambungan dapat terus dilakukan.


”Sebab, gangguan kesehatan mata bukan hanya mengganggu produktivitas dan mobilitas penderitanya saja, tapi juga menimbulkan dampak sosial ekonomi bagi lingkungan, keluarga, masyarakat, dan negara. Gangguan penglihatan akibat kelainan refraksi juga perlu perhatian serius,” tuturnya.
Ketua Yayasan Dr Yap Prawirohusodo, GBPH Prabukusumo menjelaskan kehadiran layanan Lasik ini menambah lengkap pelayanan kesehatan mata di Magelang. Masyarakat kini tak perlu jauh-jauh ke Jogja, karena sudah bisa dilayani di Magelang.

”Rumah sakit kita di Jogja sudah sangat padat. Pasien banyak juga dari wilayah Jateng Selatan, seperti Magelang, Purworejo, Klaten, dan lainnya. Maka, kita hadirkan klinik di Magelang untuk mendekatkan diri ke masyarakat wilayah Magelang dan sekitarnya,” jelasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com