Kota Magelang Optimistis 2023 Bebas BABS

Kota Magelang Optimistis 2023 Bebas BABS

VERIFIKASI. Tim Verifikator ODF Jawa Tengah mendatangi Kota Magelang disambut Walikota dr Muchamad Nur Aziz di Pendopo Pengabdian, kemarin.(foto : wiwid arif/magelang ekspres)--Magelangekspres.com

Pihaknya berharap, dengan program ini dapat memotivasi warga Kota Magelang untuk mewujudkan bebas BABS. Selain itu masyarakat juga segera memiliki peta jalan menuju pilar-pilar lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang dr Istikomah menjelaskan, verifikasi ODF ini merupakan komitmen dalam menyukseskan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang digaungkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Stop BABS adalah satu pilarnya, yang arahnya mendukung Kota Magelang menjadi kota sehat,” jelasnya.

Adapun pilar STBM lainnya adalah mencuci tangan pakai sabun (CTPS), mengelola air minum dan makanan rumah tangga yang aman, pengelolaan sampah rumah tangga dengan benar, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga dengan aman.

"Persiapannya dengan memacu masyarakat berperilaku hidup sehat karena tidak hanya sarana dan prasarana yang diverifikasi tapi bagaimana perilaku masyarakat untuk mendukung ODF,” tuturnya.

Dia berharap, selain mendapat sertifikat ODF, keempat pilar yang lain juga dapat tercapai sehingga Kota Magelang laik menyandang gelar ‘kota sehat’. (wid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com