SMP Negeri 3 Magelang Panen Juara, Menangkan 4 Kejuaraan Besar

 SMP Negeri 3 Magelang Panen Juara, Menangkan 4 Kejuaraan Besar

JUARA. Kegembiraan siswa saat pengumuman juara di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang. (dok SMPN 3 Magelang)-SMPN 3 Magelang-Magelangekspres.com

KOTA MAGELANG, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID-SMP Negeri 3 Magelang berhasil memenangkan 4 kejuaraan besar di tingkat Kota Magelang, diantaranya juara 3 Lomba Kesenian Rakyat SMP/MTs , juara 3 Lomba Urban Farming, juara 1 Bank Sampah Pemula dan juara 1 Pengolahan Limbah.

Plt Kepala SMP Negeri 3 Magelang , Dr Siti Yulaeha SPd MSi menyampaikan selamat kepada Tim Adiwiyata dan seluruh komponen pendukung dalam berbagai perlombaan. Ia berharap kejuaraan selama ini menjadi semangat yang terus menerus dituangkan dalam bentuk inovasi yang lebih baik.

Sri Supriyati Nurkhasanah SPd selaku koordinator Adiwiyata sekaligus pembina bank sampah SMP Negeri 3 menuturkan sangat mengapresiasi terlaksananya lomba bank sampah. Terlaksananya kompetisi ini membentuk pola hidup bersih di SMP Negeri 3 Magelang semakin meningkat, selain itu juga merubah mindset terhadap sampah menjadi nilai ekonomis tinggi.

Bank sampah merupakan program rutin adiwiyata yang telah terlaksana di SMP Negeri 3 Magelang. Supriyati menegaskan bank sampah menjadi tanggungjawab masyarakat sekolah. Dengan tercapainya juara 1 Bank Sampah Pemula, Supriyati berharap semangat juara terus berkelanjutan dan memotivasi peserta didik untuk selalu pandai memilah sampah, memanfaatkan sampah sebaik mungkin, tidak asal membuang sampah, dan menjadi agent of change di sekolah dan masyarakat.

Untuk juara 1 lomba pengolahan sampah dengan karya lampu terbuat dari bahan bekas. Guru pendamping, Yoeshinta Adriany menuturkan latar belakang karya bersumber dari cahaya. Terang menjadi sumber kehidupan, Sinar merupakan dasar untuk bergerak dan beraktivitas. Yoeshinta menegaskan lomba pengolahan tersebut merupakan tantangan, pasalnya syarat utama perlombaan merupakan karya baru dan bukan contekan karya lain.

Yoeshinta berharap kemenangan ini bukanlah akhir namun menjadi awal untuk bergerak membangun kesehatan lingkungan yang lebih baik. “ Semua berawal dari diri kita sendiri, kita ubah dunia ini untuk generasi mendatang. bagaimana kita mengelola dan melestarikan lingkungan kita agar terjaga. Limbah merupakan momok yang akan menuai bencana generasi mendatang. Perlu dipikirkan terobosan pengelolaan limbah yang efektif guna mendukung kehidupan yang lebih baik dengan reduce, reuse, dan recycling," pungkas Yoeshinta Adriany.

Nunik Wahyu Fitriach SPd Bio menyatakan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan juga keterkaitan kejuaraan tersebut tidak lepas dari sumbangsih tenaga dan pikiran tim Adiwiyata SMP Negeri 3 Magelang. Juara 3 Urban Farming tingkat Kota Magelang tidak hanya menjadi kebanggaan sekolah, melainkan warga masyarakat sekitar ikut berbahagia.

Nunik menyampaikan terselenggara Urban Farming selaras dengan program Adiwiyata serta Penguatan Pelajar Pancasila, sehingga peserta dapat mencintai lingkungan, dalam bentuk penanaman, penanggulangan hama, pemberian nutrisi serta memanfaatkan lahan kosong untuk berkebun. "Sebagai sekolah Adiwiyata, peserta diajarkan untuk menggunakan limbah bekas seperti plastik minyak, botol plastik dan bahan lainnya untuk mendukung Urban Farming,"tuturnya.

Prestasi di bidang seni pun didapat SMP Negeri 3 Magelang saat ikut serta dalam perlombaan Seni Budaya Rakyat SMP/MTs se- Kota Magelang. Endah Widyastuti, S.Pd. selaku koordinator lomba SMP Negeri 3 Magelang mengucapkan terimakasih kepada Budi Santoso, S.Pd., MM., Sora Habriyani, SPd, dan tim sporting atas prestasi juara 3 tersebut. Sekilas pandang SMP Negeri 3 Magelang menampilkan karya berjudul Pangeran Diponegoro dengan berbagai unsur seni didalamnya, seni tari, seni musik, dan seni lukis.

Sora Habriyani, S.Pd. menyebutkan menjadi tantangan untuk mengkolaborasikan berbagai seni menjadi karya utuh dalam waktu 1 minggu.

“ Anak - anak SMP negeri 3 magelang sungguh luar biasa, mereka berkolaborasi dan memahami seni budaya dengan cepat. Kita sangat berterimakasih kepada tiap pembimbing, dan peserta.Semoga kedepan menjadi terus meningkat dan meraih juara 1,” ujar Sora Habriyani selaku guru Seni Rupa SMP Negeri 3 Magelang. (hen/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com