Sebagai Perwujudan Hasil Karya Siswa, SMK Negeri 2 Magelang Adakan Gelar Karya

Sebagai Perwujudan Hasil Karya Siswa, SMK Negeri 2 Magelang Adakan Gelar Karya

MENARIK. Stand fase E kelas 10 yang mengusung tema bhineka tunggal ika dengan keberagaman budaya dari berbagai provinsi di Indonesia, terlihat menarik dan indah dilihat .(Foto: tim jurnalistik SMKN 2 Magelang)--Magelangekspres.com

MAGELANG,MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID – SMK Negeri 2 Magelang mengadakan Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) selama 2 hari berturut-turut Kamis-Jumat (15-16/12/2022).

Acara gelar karya ini dihadiri oleh wali murid siswa, guru, dan beberapa tamu undangan. Gelar karya P5 merupakan perwujudan hasil kerja dari siswa-sisiwi dalam projek P5 pada semester 1.

“Gelar karya adalah wadah bagi siswa untuk mengimplementasikan elemen dan tema dari P5, di antaranya. Melalui gelar karya siswa secara langsung belajar bergotong royong merencanakan pagelaran, berfikir kritis dan kreatif membuat konsep pementasan, dan masih banyak lagi karakter yang dibangun.

Selain itu berbagai tema yang termuat dalam P5 seperti bhineka tunggal ika, kebekerjaan dan sebagainya, dapat langsung diterapkan. Tidak terduga, hasilnya di luar ekspektasi kita," ungkap Anggraini Kusuma Wardhani SPd, salah seorang fasilitator P5.

Selain menampilkan berbagai tarian, lagu, drama dan juga band, setiap kelas juga mendirikan stand untuk berjualan dan memamerkan hasil projek P5 di setiap kelasnya. Stand dibagi menjadi 2, yakni stand kelas X atau stand fase E dan stand kelas XI atau stand fase F.

Stand fase E terletak di lapangan tengah depan ruang guru SMK Negeri 2. Stand fase E menjual berbagai macam makanan dan minuman khas dari berbagai provinsi yang sudah mereka dapatkan dari sistem undian.

Tak hanya makanan dan minuman yang mereka jual berasal dari berbagai provinsi, dekorasi dari setiap standnya juga sesuai dengan ciri khas tiap provinsi tersebut.

Seperti halnya pada stand dari kelas 10 PM (Pemasaran) 1 yang mendapatkan Provinsi Bali, maka stand yang didirikan juga berbentuk mirip dengan Pura sesuai dengan ciri khas Provinsi Bali.

Stand fase F terletak di halaman depan SMK N 2 yang menjual berbagai hasil projek P5 selama satu semester, khususnya yakni tanaman hidroponik maupun organik. Tak hanya itu, stand fase F ini juga menjual berbagai makanan khas. Seperti jajanan pasar dan juga makanan yang banyak diminati kalangan remaja.

"Sangat menarik dan memotivasi bagi pengunjungnya termasuk saya. Untuk stand yang didirikan oleh stand fase F terbilang sederhana dan seadanya, namun hal tersebut membuat pola pikir mereka berjalan dan berpikir secara kreatif," ungkap Anggie Wulandari siswi kelas XI SMK N 2 Magelang.

“Untuk stand fase E kelas 10 terlihat lebih menarik dan indah untuk dilihat karena mengusung tema bhineka tunggal ika dengan keberagaman budaya dari berbagai provinsi di Indonesia. Hal tersebut tentu membuat pengunjung terpukau dalam acara gelar karya tersebut," lanjutnya.

Seluruh warga SMK N 2 Magelang tampak ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tak hanya guru, karyawan dan siswa, wali murid juga nampak ikut berpartisipasi. Bahkan ada beberapa di antaranya turun langsung untuk membantu mendekor stand, mensuplai barang dagangan, menemani putra-putrinya tampil untuk menari tarian daerah.

“Dari kegiatan ini, kita dapat belajar cara berkolaborasi, tolong menolong, membangun komunikasi yang baik, manajemen waktu dan masih banyak lagi. Semoga pelaksanaan P5 lebih baik lagi di tahun-tahun mendatang," tambah Anggraini.

Tak hanya itu Purwaningsri SPd MM selaku Wakil kepala sekolah bagian kurikulum/WKS 1 mengungkapkan harapannya dengan diadakannya acara Gelar Karya ini dapat menumbuhkan karakter murid sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelangekspres.com