Sidak Sungai Serayu di Jengkol, BBWS Serayu Opak Kaget Lihat Sampah Menumpuk

Sidak Sungai Serayu di Jengkol, BBWS Serayu Opak Kaget Lihat Sampah Menumpuk

Situasi saat relawan melakukan pembersihan sampah di Sungai Serayu di kawasan Desa Jengkol Garung Kabupaten Wonosobo, Kamis 27 Juli 2023.-FOTO : ISTIMEWA/TANGKAPAN LAYAR-

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Bertepatan dengan peringatan Hari Sungai Nasional tahun 2023, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Opak, Dwi Purwantoro mengaku terkaget saat melakukan sidak Sungai Serayu di kawasan Desa Jengkol Garung Kabupaten Wonosobo, Kamis 27 Juli 2023.

Inspeksi mendadak atau sidak ke lokasi sungai di Wonosobo tersebut merupakan bagian dari hulu yang hilirnya hingga ke beberapa daerah dataran rendah. Terdapat banyak sekali tumpukan sampah mengalir hingga sepanjang 2 kilometer.

"Ketika saya ke lokasi bersama Pak Bupati Wonosobo, saya kaget kok sampahnya banyak padahal ini bagian dari hulu sungai," ungkap Kepala BBWS Serayu Opak, Dwi Purwantoro.

Dia mengatakan, dampak sampah yang terdapat di sepanjang badan Sungai Serayu itu akan dirasakan oleh banyak masyarakat di wilayah bawah yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Banyumas, hingga Cilacap Jawa Tengah.

BACA JUGA:LHK Provinsi Tuding Pariwisata Sumbang Sampah Terbesar, Disparbud Wonosobo Respons Begini

Dwi Purwantoro mengatakan, dirinya berharap kepada Pembak Wonosobo agar segera mengatasi persoalan tersebut.

Selain melindungi satwa air di sepanjang sungai, pelestarian lingkungan dinilai perlu ditingkatkan.

"Saya langsung matur ke Pak Bupati supaya sungainya dapat dilindungi dengan baik supaya tidak mencemari lingkungan," ucapnya.

BACA JUGA:Mulai Sedot Air hingga Bendung Saluran di Dalam Lubang, Upaya Regu Penyelamat Evakuasi 8 Penambang di Banyumas

Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan pemerintah daerah akan segera menangani kondisi sungai yang dipenuhi dengan ribuan sampah.

Menurutnya, ia perlu berkerja sama dengan seluruh elemen masyarakat agar tagline Wonosobo Asri dapat benar-benar diwujudkan.

"Perlu diakui bahwa sampah ini salah satu tugas perioritas yang harus dipikirkan. Saya bersama seluruh elemen masyarakat akan bergerak," kata Bupati Afif saat diwawancara.

BACA JUGA:Terjebak 35 Jam Di Bawah Tanah Tergenang Air, Begini Kondisi 8 Penambang yang Terjebak di Banyumas

Ia menekankan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Wonosobo agar dapat menindaklanjuti temuan BBWS Serayu Opak di kawasan Desa Jengkol Garung tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres