WOW! Penurunan Kemiskinan Kota Magelang Tertinggi Ketiga di Jawa Tengah

WOW! Penurunan Kemiskinan Kota Magelang Tertinggi Ketiga di Jawa Tengah

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyerahkan bantuan kepada warga miskin belum lama ini-PROKOMPIM-KOTA MAGELANG

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES Tingkat kemiskinan di Kota Magelang pada tahun 2023 mengalami penurunan sebesar 0,99 poin dari 7,1 persen menjadi 6,11 persen dibandingkan dengan tahun 2022. Penurunan ini merupakan yang tertinggi ketiga di Jawa Tengah.

Dilihat dari segi jumlah, penduduk miskin berkurang dari 8.650 orang menjadi 7.450 orang.

Data ini didasarkan pada rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Magelang yang disampaikan langsung oleh kepala BPS Kota Magelang, Aluisius Abrianta, kepada Walikota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz.

Wakil Walikota Magelang, M Mansyur, mengungkapkan bahwa angka kemiskinan tahun 2023 menempatkan Kota Magelang sebagai yang terendah ketiga di Jawa Tengah, setelah Kota Semarang dan Kota Salatiga.

BACA JUGA:Kota Magelang Runner Up Kota Layak Huni Tahun 2023 Tingkat Jawa Tengah

Sejak tahun 2021, tingkat kemiskinan di Kota Magelang terus menurun. Pada tahun 2021, tingkat kemiskinan di Kota Magelang adalah 7,75 persen, kemudian menurun menjadi 7,1 persen pada tahun 2022.

Selanjutnya, pada tahun 2023, tingkat kemiskinan turun cukup tinggi menjadi 6,11 persen.

"Penurunan angka kemiskinan ini tentunya  patut untuk disyukuri dan akan menjadi pendorong bagi Kota Magelang untuk bisa menurunkan tingkat kemiskinan lebih rendah lagi. Artinya, semangat untuk menyejahterakan masyarakat Kota Magelang akan semakin ditingkatkan," tutur Mansyur. 

BACA JUGA:Selesaikan 397 RTLH, Pemkot Magelang Targetkan 300 RTLH Sampai Akhir Tahun 2023

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Magelang, Hamzah Kholifi, menyatakan bahwa penurunan tingkat kemiskinan ini merupakan hasil dari berbagai upaya yang telah dilakukan.

Pemkot Magelang akan terus menekan angka kemiskinan melalui beberapa strategi daerah.

Yang utama adalah adanya komitmen pimpinan daerah untuk menurunkan angka kemiskinan, berupa dukungan dan dorongan kepada seluruh jajaran serta pihak-pihak terkait, termasuk para mitra yang ada di masyarakat.

BACA JUGA:Pulihkan Sektor Pariwisata Daerah, Pemkot Magelang Apresiasi Forum Eco Travel Mart

Hamzah menjelaskan pentingnya strategi kolaborasi dan sinergitas antar stakeholder, baik OPD terkait, swasta, komunitas, dan pegiat sosial masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres