Segini Elektabilitas Mahfud MD yang Bikin Megawati Kepincut Buat Dampingi Ganjar Pranowo

Segini Elektabilitas Mahfud MD yang Bikin Megawati Kepincut Buat Dampingi Ganjar Pranowo

Segini elektabilitas Ganjar-Mahfud MD yang diusung dari PDIP-Tangkapan Layar-X

MAGELANGEKSPRES — Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menunjuk Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo, Rabu 18 Oktober 2023 pada di pemilihan presiden 2024 ternyata karena alasan ini.

Banyak pertanyaan netizen X, karena elektabilitas Mahfud MD sebenarnya di bawah mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil maupun Erick Thohir.

BACA JUGA:SAH! Gugatan Batas Usia Calon Presiden 35 Tahun Ditolak MK

Melansir dari survei Litbang Kompas pada Agustus 2023 menunjukkan bahwa elektabilitas Ganjar jika dipasangkan dengan Mahfud MD adalah 33,9 persen.

Angka itu memang masih di bawah elektabilitas Ganjar-Ridwan Kamil sebesar 34,8 persen, dan Ganjar-Erick Thohir 34,8 persen.

BACA JUGA:Pegiat Seni Magelang Ini Sepakat Dukung Gibran Jadi Cawapres 2024

Akan tetapi, Mahfud MD jika disandingkan dengan Ganjar diprediksi bakal memikat para responden jika dibandingkan dengan cawapres lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono atau Sandiaga Uno.

Selain itu, Mahfud MD juga memiliki tingkat keterpilihan sebesar 3,7 persen. Hasil ini jauh di bawah seperti Ridwan Kamil 8,4 persen, Sanidaga 8,2 persen, dan Erick Thohir sebesar 8 persen.

Sementara hasil survei Saiful Munjani Research and Consulting (SMRC) pada 20-22 September 2023 meunjukkan bahwa pasangan Ganjar-Mahfud MD unggul di Jawa Timur dengan perolehan suara 45 persen.

BACA JUGA:Relawan Bolone Mase Magelang Deklarasi Gibran Jadi Cawapresnya Prabowo Subianto

Elektabilitas Ganjar jika digabungkan dengan Mahfud MD di Jawa Timur, jauh lebih tinggi dibandingkan Anies Baswedan dan Cak Imin (Amin) sebesar 12 persen.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sejauh ini telah menerima pemberitahuan bahwa kubu Ganjar-Mahfud akan mendaftar pada hari Kamis 19 Oktober 2023 pukul 11.00 WIB.

Sedangkan Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga akan mendaftar pada hari yang sama pukul 08.00 WIB.

BACA JUGA:Relawan Bolone Mase Magelang Langsung Syukuran Usai Putusan MK yang Memungkinkan Gibran Masuk Bursa Cawapres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: