Wonosobo Borong 17 Penghargaan Proklim

Wonosobo Borong 17 Penghargaan Proklim

PENGHARGAAN. Perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Wonosobo saat menerima penghargaan dari KLHK di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat, Selasa (24/10). -istimewa-magelangekspres

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Kabupaten Wonosobo berhasil memborong sebanyak 17 penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim).

Penghargaan terdiri dari 1 tropi kategori Proklim Lestari, 1 tropi kategori Proklim Utama, dan 15 piagam kategori Proklim Utama.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Prof Siti Nurbaya di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta Pusat pada Selasa 24 oktober 2023.

BACA JUGA:Banyak Sapi dan Domba di Wonosobo Terkena Indigesti

Sejumlah penghargaan tersebut meliputi penghargaan berupaya trophy kategori Proklim Lestari kepada Dusun Kalimendong Kecamatan Leksono Wonosobo, lalu 1 tropi kategori Proklim Utama diberikan kepada Dusun Gondang Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo.

Sabar Widadi, seorang warga Kalimendong yang mendapatkan penghargaan Proklim Lestari tersebut mengatakan, konsistensi merawat lingkungan begitu intens dilakukan oleh masyarakat desa hingga terpilih sebagai salah satu daerah terbaik secara nasional.

"Tropi Lestari itu kan sudah tingkat nasional ya. Jadi kita itu sudah berkali-kali dapat penghargaan, syukur pada tahun ini kita bisa naik level menjadi Proklim Lestari," katanya saat dihubungi, Rabu (25/10).

Selain itu, Ketua Kelompok Milaladi Gondang, Muslih juga menyampaikan hal serupa. Dirinya bersama masyarakat di Dusun Gondang telah menjalani berbagai program smart city dimensi smart environment.

BACA JUGA:Video Bawa Celurit Yang Viral di Temanggung, Pemuda Menyerahkan Diri

"Kita juga sudah konsistensi sejak lama sehingga bisa mendapatkan penghargaan Proklim Utama. Ini masih tingkat awal, untuk naik ke level Lestari nanti tentunya akan semakin besar juga tantangannya," ujarnya.

Tak hanya mendapatkan 2 tropi, 15 piagam penghargaan kategori Proklim Utama juga diberikan kepada Dusun Mendongan Desa Gondowulan Kepil, Kelurahan Leksono, Dusun Manggis Leksono, Dusun Jetis Pacarmulyo Leksono, Dusun Bangon Sojokerto Leksono, dan Desa Wonokerto Leksono.

Kemudian piagam juga diberikan kepada Dusun Bedali Kuripan Watumalang, Dusun Limbangan Watumalang, RW 2 Kelurahan Wonoroto, dan Desa Wonosroyo Watumalang.

Ada juga Dusun Kawista Adiwarno Selomerto, Desa Mergosari Sukoharjo, Desa Bumiroso Watumalang, Dusun Kalitulang Gondang Watumalang, dan Dusun Kaliasem Gondang Watumalang, Kabupaten Wonosobo.

BACA JUGA:Masuk Grup E Liga 3 Jateng, PSIW Siapkan Formasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres