Dua siswi SMKN 3 Magelang, ‘Aprilia dan Inez’ Juarai Lomba Desain Kebaya Ecoprint

Dua siswi SMKN 3 Magelang, ‘Aprilia dan Inez’ Juarai Lomba Desain Kebaya Ecoprint

PENGHARGAAN. Aprilia Enggar Saputri dan Syakira Inez Syahda Ramadhani bersama para model setelah menerima penghargaan dari panitia.-dokumen smkn 3 magelang-MAGELANG EKSPRES

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES - Prestasi terbaik kembali diraih oleh siswa busana SMKN 3 MAGELANG, April Enggar Saputri yang meraih juara pertama dan Syakira Inez Syahda Ramadhani yang menjadi juara kedua lomba Desain Kebaya Ecoprint.

Lomba Desain Kebaya Ecoprint diselenggarakan oleh komunitas Ecoprint Kabupaten Magelang yang dilangsungkan pada Minggu 17 Desember 2023 di Hotel Trio Magelang.

BACA JUGA:Panen Hasil Karya Siswa P5 di SMKN 3 Magelang

Kegiatan lomba dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun 2023. Lomba diikuti oleh peserta kategori umum dan pelajar dari Kabupaten Temanggung, Magelang dan sekitarnya.

Kriteria penilaian lomba meliputi unsur orisinalitas desain, kesesuaian konsep dan total look yang dikemas melalui kegiatan fashion show.

Desainer Aprillia Enggar Saputri, putri dari Bapak Zainal Arifin dan Ismiyati yang tinggal di Maliyan Kalinegoro Mertoyudan, mengangkat tema Nismara Kebaya yang terinspirasi dari keindahan tumbuhan hijau yang dipadukan dengan warna dan bentuk dari sayuran artichoke.

Kata Nismara sendiri mempunyai arti ketenangan, warna-warna kalem dan tidak mencolok diaplikasikan pada desain kebaya ini. Kebaya didesain menggunakan look casual elegan.

BACA JUGA:SMKN 3 Magelang Juara Favorit Lomba Desain Busana Batik Dekranasda Kabupaten Magelang

Model kebaya kutu baru, menggunakan lengan balon, dan variasi obi menjadikan kebaya ini terlihat modis.

Bahan utamanya adalah kain ecoprint  warna dasar hijau lumut dan putih tulang. Dipadukan dengan kain tenun polos hijau lumut untuk bagian bawahnya dikenakan dengan cara dililit menjadikan total look kebaya terlihat lebih fashionable, modern tetapi tidak meninggalkan unsur budaya Indonesia.

Kebaya ini sangat cocok dikenakan oleh wanita dewasa muda untuk acara acara formal dan nonformal.

Sedangkan karya desainer berbakat Syakira Inez Syahda Ramadhani, putri dari Yayan Ardianto dan Yeni Kurniawati beralamat di Tidar Baru Magersari Magelang, menjadi juara kedua dalam kegiatan lomba bertajuk Andhira Kebaya.

Kebaya ini terinspirasi dari bunga tabebuya yang sedang bermekaran di jalanan Kota Magelang. Andhira sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti berani dan kuat seperti bunga tabebuya yang melambangkan keberanian dan kekuatan.

BACA JUGA:Gelar Pameran Presisi, SMKN 3 Magelang Tampilkan Hasil Karya Siswa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres