5 Hal yang Merusak Puasa Ramadhan yang Perlu Dipahami Mulai Sekarang

5 Hal yang Merusak Puasa Ramadhan yang Perlu Dipahami Mulai Sekarang

--

MAGELANG EKSPRES-Berjumpa lagi dengan bulan Ramadhan sangat diharapkan oleh umat Islam. Sebab hal itu merupakan nikmat besar dari Allah bagi umatnya yang dikehendaki.

Tak heran kalau umat Islam  selalu berdoa meminta pada Allah Ta'ala agar diberi kesempatan untuk berjumpa dengan bulan Ramadhan.

Namun begitu kita harus menyiapkan diri sejak dini agar bisa mengerjakan puasa di bulan Ramadhan sesuai syariat.

Sebab saat banyak ditemukan kesalahan yang dilakukan sebagian umat Islam dalam menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Minimnya bekal yang dimiliki sehingga menganggap kesalahan-kesalahan itu hanya persoalan sepele,  padahal bisa berakibat fatal yakni rusaknya puasa Ramadhan.

BACA JUGA:Padusan dan Nyadran, Amalan Jelang Ramadhan yang Tidak Diajarkan Rasulullah

Penulis mencoba merangkum lima hal ini patut dihindari ketika kita menjalankan puasa di bulan Ramadhan. Inilah hal-hal  yang merusak puasa di bulan Ramadhan :

1. Puasa tanpa ilmu

Ibnul Qayyim rahimahullah berkata,

اَنَّ العَامِلَ بِلَا عِلْمٍ كَالسَّائِرِ بِلاَ دَلِيْلٍ وَمَعْلُوْمٌ اَنَّ عَطَبَ مِثْلِ هَذَا اَقْرَبُ مِنْ سَلاَمَتِهِ وَاِنْ قُدِّرَ سَلاَمَتُهُ اِتِّفَاقًا نَادِرًا فَهُوَ غَيْرُ مَحْمُوْدٍ بَلْ مَذْمُوْمٌ عِنْدَ العُقَلاَءِ

“Orang yang beramal tanpa ilmu bagai orang yang berjalan tanpa ada penuntun. Sudah dimaklumi bahwa orang yang rusak karena berjalan tanpa penuntun tadi akan mendapatkan kesulitan dan sulit bisa selamat. Taruhlah ia bisa selamat, namun itu jarang. Menurut orang yang berakal, ia tetap saja tidak dipuji bahkan dapat celaan.”

Ibnu Taimiyah rahimahullah juga berkata,

مَنْ فَارَقَ الدَّلِيْل ضَلَّ السَّبِيْل وَلاَ دَلِيْلَ إِلاَّ بِمَا جَاءَ بِهِ الرَّسُوْل

“Siapa yang terpisah dari penuntun jalannya, maka tentu ia bisa tersesat. Tidak ada penuntun yang terbaik bagi kita selain dengan mengikuti ajaran Rasul –shallallahu ‘alaihi wa sallam-.” (Lihat Miftah Dar As-Sa’adah, 1:299)

Seorang yang beramal tanpa ilmu maka sangat rentan terjebak dengan kesalahan-kesalahan yang justru merugikan diri sendiri. Termasuk bagi orang yang akan mengerjakan puasa Ramadhan hendaknya mempunyai bekal ilmu yang cukup agar tidak melakukan kesalahan yang bisa merusak puasanya.

BACA JUGA:Puasa Tiga Hari Setiap Bulan, Amalan Ringan Pahalanya Seperti Puasa Sepanjang Tahun

2. Puasa masih mengerjakan maksiat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres