Kata Gus Baha Tidak Wajib Saat Adzan Muslim Hentikan Aktivitas

Kata Gus Baha Tidak Wajib Saat Adzan Muslim Hentikan Aktivitas

Kata Gus Baha soal hukum berhenti aktivitas saat adzan berkumandang-IST-MAGELANG EKSPRES

MAGELANGEKSPRES — Kyai kondang Gus Baha memberikan ceramah singkat yang viral di media sosial. Kata Gus Baha, muslim tidak wajib menghentikan aktivitas ketika adzan berkumandang.

“Adzan itu kan bukan akhir waktu salat. Tapi awal waktu salat,” kata Gus Baha.

Karena itu, dia menilai bahwa semestinya muslim tetap melanjutkan aktivitasnya apabila mendesak.

“Itu nggak harus sopir ojol, meskipun kamu makan (terdengar adzan) ya teruskan saja. Kan nggak akhir waktu salat,” ujar Gus Baha.

BACA JUGA:Tips Agar Tidak Malas Membaca Alquran, Langkahnya Mudah Patut Ditiru!

Ia kembali mencontohkan, bila muslim tengah menerima tamu, menggendong anak, sedang mengendarai kendaraan, atau sedang mengobrol jika ada adzan, lanjutnya, tidak masalah bila dilanjutkan.

“Misalnya diteruskan saat adzan, ya nggak apa-apa. Kan bukan akhir waktu salat. Yang benar-benar harus ditinggalkan itu kalu misalkan waktu salat tinggal 7 menit. Waktu yang mau nggak mau harus kamu tasarufkan,” jelasnya.

BACA JUGA:Ayat Alquran Tentang Rasa Cemas, Membawa Kesejukkan Hati dan Pikiran!

Sebab, di masa akhir waktu salat, ujar Gus Baha, sudah menjadi kewajiban umat muslim untuk mengejarnya. Bisa dengan menyegerakkan berwudhu dan melaksanakan salat.

“Kalau misalnya di kelas, utamanya kan belum ada (saat adzan) waktunya masih panjang. Jadi pertanyaannya bukan wajibnya, tapi sebaiknya, karena ini belum mendesak,” ucapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: