Sempurnakan Puasa Ramadhan Anda dengan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal : Dihitung Seperti Puasa Setahun

Sempurnakan Puasa Ramadhan Anda dengan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal : Dihitung Seperti Puasa  Setahun

Sempurnakan Puasa Ramadhan Anda dengan Puasa 6 Hari di Bulan Syawal : Dihitung Seperti Puasa Setahun--

Oleh karena itu, seseorang yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh.

(Lihat Syarh An Nawawi ‘ala Muslim, 8/56 dan Syarh Riyadhus Sholihin, 3/465). Segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat ini bagi umat Islam.

Apakah Puasa Syawal Harus Berurutan di Awal Ramadhan ?

Menurut Imam Nawawi dalam Syarh Muslim, 8/56  bahwa para ulama madzhab Syafi’i mengatakan bahwa paling afdhol (utama) melakukan puasa Syawal secara berturut-turut (sehari) setelah shalat ‘Idul Fithri.

Namun jika tidak berurutan atau diakhirkan hingga akhir Syawal maka seseorang tetap mendapatkan keutamaan puasa syawal setelah sebelumnya melakukan puasa Ramadhan.

Maka diperbolehkan seseorang berpuasa Syawal dimulai pada 2 hari, 3 hari atau bahwan 7 hari setelah Idul Fithri.

Bisa dikerjakan secara berturut-turut ataupun tidak, karena ada kelonggaran. Asalkan puasa 6 hari itu dikerjakan masih dalam bulan Syawal.

Namun, apabila seseorang berpuasa Syawal hingga keluar waktu (bulan Syawal) karena bermalas-malasan maka dia tidak akan mendapatkan pahala puasa Syawal seperti disebutkan dalam hadist.

BACA JUGA:Bumil dan Busui Bingung dengan Qadha dan Fidyah Puasa? Simak Penjelasan Singkat dari Syarifah Sania Mutahar

Khusus bagi seseorang yang memiliki udzur (halangan) seperti sakit, dalam keadaan nifas, sebagai musafir, sehingga tidak berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka boleh orang seperti ini meng-qodho’ (mengganti) puasa Syawal tersebut di bulan Dzulqo’dah.

Hal ini tidaklah mengapa. (Lihat Syarh Riyadhus Sholihin, 3/466)

Dan seseorang yang baru mampu mengerjakan puasa Syawal di bulan lain setelah Syawal karena udzur maka orang tersebut akan mendapatkan pahala seperti puasa Syawal.

Kerjakan Qodho’ Puasa Terlebih Dahulu

Bagi seseorang yang masih mempunyai tunggakan puasa atau hutang puasa Ramadhan maka lebih baik mengqodho’ puasa Ramadhan yang ditinggalkan kemudian baru mengerjakan puasa Syawal.

Tentu saja perkara yang wajib haruslah lebih diutamakan daripada perkara yang sunnah. Mengqodho' puasa Ramadhan hukumnya wajib dan mengerjakan puasa Syawal adalah sunnah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: