Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kota Magelang Gelar Expo 2024

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DLH Kota Magelang Gelar Expo 2024

Wakil Walikota Magelang, KH. Mansyur beserta jajarannya sedang mengunjungi salah satu stand di acara DLH Expo 2024 yang diselenggarakan di Alun-alun Kota Magelang, Kamis (13/6).--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Magelang menggelar DLH Expo 2024 sebagi puncak perayaan, Kamis, 13 Juni 2024.

DLH Expo 2024 kali ini dimeriahkan oleh talkshow tentang Konservasi Mata Air dan Proklim serta Praktik Reduce, Reuse, Recycle (3R).

Selain itu, terdapat puluhan stand pengelolaan sampah dan produk-produk yang ramah lingkungan, produk UMKM Kota Magelang, serta pameran barang-barang antik.

DLH Expo 2024 menjadi momen dalam mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan dengan langkah-langkah kecil yang bisa dilakukan.

BACA JUGA:Tingkatkan PAD, DPRD Kota Magelang Studi Tiru ke Kabupaten Badung

Seperti halnya membawa tempat minum sendiri, mengurangi plastik yang tidak berkelanjutan, memilah sampah, menggunakan air secukupnya, menanam pohon, serta mengikuti gerakan peduli lingkungan lainnya.

Kepala DLH Kota Magelang, Mahmud Yunus mengatakan, DLH Expo bertujuan sebagai wahana meningkatkan kepedulian dan peran berbagai pihak dalam melindungi dan mengelola lingkungan hidup di Kota Magelang.

"Dengan digelarnya DLH Expo ini, kami mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam melestarikan budaya peduli terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian lingkungan," terangnya saat menghadiri DLH Expo di Alun-alun Kota Magelang.

Menurut Yunus, ajakan peduli lingkungan tersebut dalam rangka untuk kembali meraih penghargaan Adipura dan Nirwasita Tantra.

BACA JUGA:Sukses! Program Ceting Emas Turunkan Angka Gizi Kurang di Kota Magelang

Selain itu, katanya, DLH Expo 2024 ini, sebagai bentuk upaya mengajak sedari dini akan kepedulian generasi muda.

Terutama pelajar di Kota Magelang dalam upaya pelestarian mata air dan Program Kampung Iklim (Proklim) lainnya.

Wakil Walikota Magelang, KH. Mansyur yang menghadiri acara DLH Expo berharap kegiatan ini dapat menjadi refleksi bersama agar selalu peduli terhadap masalah lingkungan.

"Serta terus menumbuhkan aksi nyata, meningkatkan kesadaran, dan secara konsisten dapat memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan," katanya.

BACA JUGA:Miris! Rusa-Rusa di Komplek Museum BPK RI Kota Magelang, Hanya Makan Sampah Setiap Harinya

Kyai Mansyur memberikan pesan bahwa melestarikan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama setiap manusia.

Kegiatan Expo 2024 kali ini, terdapat delapan kategori lomba lingkungan hidup yang akan menerima hadiah.

Kampung Organik Bersemi yang berada di Cacaban, berhasil meraih gelar juara pertama dalam kategori Kampung Organik tingkat lanjut.

Sedangkan, Kampung Organik Menur yang juga berada di Cacaban, menjadi juara pertama dalam kategori Kampung Organik tingkat pemula.

BACA JUGA:Lomba Pos Kamling di Kota Magelang, Sebagai Ajakan Pesan Kamtibmas Hingga Rayakan HUT Bhayangkara Ke-78

Kategori lainnya, seperti Bank Sampah Unit Masyarakat tingkat lanjut yang di menangkan oleh Kramat Selatan bernama Bank Sampah Ceria.

Untuk pemenang Bank Sampah Unit Masyarakat tingkat pemula diraih oleh bank Sampah Kramat Utara, yaitu Bank Sampah Sumber Rejeki.

Bank Sampah Sumber Rejeki juga memenangkan kreasi daur ulang bank sampah.

Sedangkan, Kreasi Daur Ulang Umum juara pertama dimenangkan oleh Afia Resworo dari SD Cacaban 3.

BACA JUGA:Fakta-fakta Penemuan Bayi dalam Kantong Kresek Hitam di Kluyon Kota Magelang

Terdapat lomba Bank Sampah tingkat Sekolah dimenangkan oleh Smp 3 Kota Magelang, dengan nama Bank Sampah Safron.

Untuk desain poster lingkungan, juara pertama dimenangkan oleh siswa SMK Muhammadiyah Kota Magelang bernama Damar Khaira Adzani Zara.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres