3 Amalan Istimewa di Hari Jumat Bisa Jadi Tabungan Pahala di Hari Kiamat

3 Amalan Istimewa di Hari Jumat Bisa Jadi Tabungan Pahala di Hari Kiamat

3 Amalan Istimewa di Hari Jumat Bisa Jadi Tabungan Pahala di Hari Kiamat--

MAGELANG EKSPRES-Jumat adalah hari yang paling dimulaikan Allah Ta'ala. Sebaik-baiknya hari adalah hari Jumat.

Pada hari Jumat, Allah telah menciptakan dan mematikan Nabi Adam, memasukannya ke dalam surga dan mengeluarkannya ke dalam neraka. Hari Kiamat terjadi pada hari Jumat.  Di hari Jumat itulah, tiupan sangkakala pertama  dan kedua dilakukan.

Dalilnya,

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الجُمُعَةِ: فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ أُدْخِلَ الجَنَّةَ، وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا». رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam, dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 854]

BACA JUGA:Hari Jumat adalah Hari yang Terbaik, Jangan Lalaikan 3 Amal Sholeh ini!

Dari Aus bin ‘Aus radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ

“Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan.” (HR. Abu Daud, no. 1047; An-Nasai, no. 1374; Ibnu Majah, no. 1085 dan Ahmad, 4:8. Hadits ini sahih kata Syaikh Al-Albani).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ، فِيْهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيْهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ، وَفِيْهِ أُخْرِجَ مِنْهَا، وَلاَ تَقُوْمُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga dan pada hari Jumat itu juga dia dikeluarkan dari Surga. Hari Kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jumat.” (HR. Muslim, no. 854).

Maka hendaklah setiap Muslim mengisi hari Jumat dengan amal-amal saleh untuk mendapatkan rahmat Allah Ta'ala terhindar dari musibah.

Namun begitu kita tidak boleh mengkhususkan malam Jumat dengan shalat dan siang harinya dengan berpuasa.

BACA JUGA:Rasulullah Selalu Memendekkan Khutbah Jumat dan Memperpanjang Shalatnya

Ada 3 amalan istimewa di hari Jumat yang bisa dimanfaatkan oleh setiap muslim sebagai tabungan pahala baginya di hari kiamat.

1. Memperbanyak Shalawat Nabi di Hari Jumat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: