Tujuh Fraksi di DPRD Temanggung Terbentuk, Apa Saja?

Tujuh Fraksi di DPRD Temanggung Terbentuk, Apa Saja?

PARIPURNA. DPRD Temanggung mengelkar rapat paripurna penentuan fraksi di DPRD setempat kemarin. -SETYO WUWUH-MAGELANG EKSPRES

TEMANGGUNG, MAGELANGEKSPRES.COM - Setelah melalui proses dan tahapan yang cukup panjang, DPRD Kabupaten Temanggung akhirnya memiliki tujuh fraksi pada periode 2024-2029.

Ketujuh fraksi ini akan segera bekerja untuk menyusun kelengkaan DPRD kedepan. 

Ketua Sementara, DPRD Temanggung Yunianto mengatakan, penetapan tujuh fraksi di DPRD Temanggung ini sudah melalui proses dan regulasi yang berlaku.

BACA JUGA:Fraksi DPRD Wonosobo Terbentuk, Ada 6 Fraksi, PPP Gabung Gerindra

Tujuh fraksi dibentuk dari 10 partai politik yang mempunyai kursi di DPRD Temanggung.  

"Ada partai politik yang bisa berdiri sendiri menjadi satu fraksi dan ada juga fraksi yang didalamnya ada beberapa partai poitik," jelas Yunianto. 

Ia menyebutkan, 10 parpol yang mempunyai kursi di DPRD Temanggung yakni, partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Nasdem dan Partai Hanura. 

BACA JUGA:Lambat, Alkap DPRD Kebumen Hingga Kini Belum Terbentuk

Disampaikan, dari 10 parpol ini kemudian dibentuk tujuh fraksi, ke tujuh fraksi tersebut yakni, Fraksi PDIP, Fraksi PKB, Fraksi partai Golkar, Fraksi partai Gerindra dan Fraksi PKS, ke lima fraksi ini merupakan fraksi yang didalamnya hanya satu partai.

"Sedangkan untuk fraksi gabungan yakni Fraksi PPP dan PAN, Fraksi Nusantara yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai hanura," jelasnya.

Ia mengatakan, dibentuknya fraksi-fraksi ini  merupakan dasar untuk menyusun alat kelengkapan DPRD.

"Pembentukan fraksi dilakukan agar DPRD Kabupaten Temanggung dapat segera melaksanakan fungsi, tugas dan wewenangnya, mengingat tugas di akhir tahun 2024 masih banyak untuk segera diselesaikan,"tegasnya.

BACA JUGA:KPK Ajak DPRD Kabupaten Magelang Cegah Tindak Pidana Korupsi

BACA JUGA:KPK Ingatkan DPRD Kota Magelang: Jadilah Pengawas, Bukan Pemain

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres