Jelang Ingoex di Istanbul, Perindustrian dan UKM Wonosobo Diharapkan Terlibat

 Jelang Ingoex di Istanbul, Perindustrian dan UKM Wonosobo Diharapkan Terlibat

MASUK. Gapura Masuk Wonosobo. -mukarom mohammad/wonosobo ekspres-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES.DISWAY.ID - Tercatat sejak 13 Juni 2023, masih 28 hari lagi menuju Indonesian Go Expo (Ingoex) di Istanbul Turki. Sejumlah industri perdagangan hingga produk usaha kecil dan menengah (UKM) di Wonosobo belum mendaftarkan diri.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disdagkopukm), Utik Retno sebut produk usaha di Wonosobo akan dikurasi oleh PT Marmara Global Wisata Jakarta.

"PT Marmara nanti yang akan berangkat ke Istanbul Turki, sebelumnya mereka akan kurasi seluruh produk di Indonesia yang berpotensi siap go internasional. Dan Wonosobo tinggal menunggu pihak Marmara datang kemari, kemudian seluruh pelaku usaha akan disosialisasi," kata Kabid Perdagangan Disdagkopukm Kabupaten Wonosobo, Utik Retno, kemarin.

Utik menyebut, telah mengantongi beberapa nama industri dan UKM yang berpotensi maju ke Ingoex di Turki Juli mendatang. Masih dirahasiakan, menurutnya agar tidak timbul kecemburuan antar pihak.

BACA JUGA:Sebagian Bacaleg di Wonosobo Belum Penuhi Syarat Verifikasi Administrasi

"Pada prinsipnya kita tetap berusaha menginformasikan event tersebut ke para pelaku usaha nantinya, soal terpilih atau tidak tergantung pihak Marmara. Tidak tahu kapan mereka datang ke Wonosobo, tapi setidaknya ada beberapa produk yang kita gadang dan masih dirahasiakan agar tidak timbul kecemburuan antar pihak," jelasnya.

"Pertimbangannya banyak, setelah lolos kurasi untuk dibawa ke Turki pelaku usaha harus siap stok produk dagang dengan jumlah yang besar. Kita juga menunggu pendataan produk potensial dari dinas terkait, meski tidak tahu nantinya Wonosobo masuk nominasi kabupaten yang produknya terpilih atau tidak, seenggaknya kita niat berpartisipasi dulu," lanjutnya.

Ingoex merupakan pameran dagang Business To Business (B2B) yang akan menampilkan produk Indonesia dari skala industri hingga produk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Daftar industri dan UKM yang jadi eksponen ingoex yaitu PT Semoga Segera IPO, PT Persatuan Komoditas Indonesia, Komunitas Start Up Astra, Graha Mitra Lestarindo, Kopi Wo Ijal, dan beberapa di antaranya dari pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia. (mg7)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres