Dibantu Kemlu RI, Wisata Kota Magelang Bakal Go Internasional

Dibantu Kemlu RI, Wisata Kota Magelang Bakal Go Internasional

Peserta Sesperlu Kemlu RI berkunjung ke Kota Magelang--

MAGELANG, MAGELANGEKSPRES -- Destinasi wisata di Kota Magelang bakal segera meluncur ke luar negeri. Kabar gembira ini didapat usai Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengonfirmasi akan menduniakan Kota Magelang di sela kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Sekolah Staf dan Pimpinan Luar Negeri (SESPARLU).

Beberapa yang akan dipromosikan Kemlu RI antara lain seni, budaya, pariwisata, hingga ekonomi.

Fungsional Diplomat Ahli Madya Kemlu RI, Bambang Suharto mengatakan, Kemlu RI siap membantu promosi produk-produk unggulan Kota Magelang di luar negeri, baik dalam bidang perdagangan maupun pariwisata.

BACA JUGA:Mulai 2024, Arsip Kota Magelang Harus Menggunakan SRIKANDI, Simak Caranya!

Tindakan ini sejalan dengan kebijakan politik luar negeri Indonesia yang memprioritaskan diplomasi ekonomi.

"Kemlu akan membawa para staff/pimpinan yang sedang menjalani pendidikan dan pelatihan ke Kota Magelang untuk melihat potensi ekonomi yang ada, termasuk potensi pariwisata yang akan dibantu promosikan ke luar negeri," katanya.

Selain itu, Kemlu juga telah menemukan sejumlah komoditas perdagangan dan pariwisata yang cocok untuk dipasarkan di mancanegara, seperti kerajinan kerang yang ada di Kota Magelang.

"Kami akan bawa Kota Magelang ke luar negeri melalui para diplomat senior yang minimal sudah dua kali bertugas di luar negeri. Nantinya, mereka akan membawa misi ini dengan target, seperti yang diinginkan oleh Bapak Presiden Jokowi," ujarnya.

BACA JUGA:HEBAT! Kantor Bundar di Kota Magelang Ini Jadi Juara Gedung Hemat Energi Nasional

Selain komoditas UMKM, Kemlu juga siap mempromosikan potensi pariwisata Kota Magelang terutama dalam bidang seni dan budaya.

Hal ini dikarenakan seni dan budaya tersebut sesuai dengan minat pasar luar negeri tentang hal tersebut cukup tinggi. Seperti yang diterapkan di Malaysia.

"Segera kami akan menandatangani letter of intent (LoI) antara ASITA Kota Magelang dan Golden World Tour and Travel Penang Malaysia. Perusahaan biro perjalanan wisata di Malaysia ini siap untuk mempromosikan pariwisata Kota Magelang di Penang dan diharapkan dapat menjangkau seluruh Malaysia," paparnya.

BACA JUGA:Di Kota Magelang, 15 PPPK Ini Diloloskan Meski Nilai Tak Penuhi Passing Grade

Bambang menambahkan, pariwisata yang berbasis seni dan budaya sangat cocok dengan pasar Malaysia yang saat ini sedang mendorong kerja sama di sektor budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres