Menjadi Sorotan Publik, Inilah Sederet Kontroversi Sekaligus Prestasi Lukas Enembe Mantan Gubernur Papua

Menjadi Sorotan Publik, Inilah Sederet Kontroversi Sekaligus Prestasi Lukas Enembe Mantan Gubernur Papua

Mendiang Lukas Enembe Menjadi Sorotan Publik Atas Kontroversi dan Pencapaiannya di Papua-Burhan Sugiono-Magelang Ekspres

Informasi ini juga diperoleh dari Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, dalam pertemuan yang tidak disengaja di ruang kunjungan.

“Ricky Ham Pagawak yang secara kebetulan bertemu dengan kami di ruang kunjungan memastikan bahwa makanan ubi busuk yang diterima oleh klien kami, Bapak Lukas Enembe, adalah benar,” kata Kaligis pada Rabu 23 Maret 2022 tahun kemarin.

BACA JUGA:UU Direvisi, KPK Sulit Ungkap Kasus Kakap

Adanya informasi tersebut, KPK dengan tegas membantah memberikan makanan yang tidak pantas kepada Enembe atau tahanan lainnya.

Kepala bagian pemberitaan KPK, Ali Fikri menegaskan bahwa, KPK sebenarnya menyediakan menu makanan yang layak bagi tahanan, termasuk Enembe, dengan menyertakan nasi.

Namun, Enembe mengajukan permintaan agar nasi tersebut diganti dengan ubi. Ali menegaskan untuk memenuhi permintaan tersebut. “Permintaan dari individu tersebut untuk tidak mengonsumsi nasi, sehingga kami menggantinya dengan ubi, dan kami memenuhinya,” ucapnya.

6. Lukas Enembe menolak mengonsumsi obat di dalam tahanan

KPK mengonfirmasi bahwa Lukas Enembe menolak untuk minum obat. Namun demikian, KPK menyatakan bahwa penolakan tersebut hanya berlangsung selama dua hari.

"Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, terbukti bahwa tersangka LE menolak untuk mengonsumsi obat. Namun, hal tersebut hanya terjadi pada hari Senin dan Selasa yang lalu," jelas Ali pada Kamis 23 Maret 2023.

Ali juga menjelaskan bahwa selama Lukas Enembe mengonsumsi obat, tim dokter KPK selalu hadir untuk mendampinginya.

Dengan demikian, KPK dapat memastikan bahwa Lukas Enembe telah mengonsumsi obat-obatan tersebut.

"Selain itu, obat ini juga diberikan di bawah pengawasan langsung petugas Rutan KPK untuk memastikan bahwa obat yang diberikan diminum olehnya, obat tersebut merupakan resep dari dokter RSPAD," imbuhnya.

BACA JUGA:Upaya KPK Tutupi Kasus PAW DPR

Namun, di balik kontroversi tersebut, Lukas dapat dianggap berhasil mencatat prestasi yang luar biasa di Papua.

Lukas telah secara simbolis meresmikan sembilan gedung pemerintahan yang megah menjelang akhir tahun 2022.

Dari Kantor Gubernur Provinsi Papua yang merupakan kantor gubernur yang paling mewah, Gedung Majelis Rakyat Papua dengan 16 lantai, hingga lima ruang pelayanan di RSUD Kabupaten Mappi dan RSUD Jayapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: