Resmikan Terminal Mendolo Wonosobo, Jokowi: Image Preman Harus Sudah Hilang

Resmikan Terminal Mendolo Wonosobo, Jokowi: Image Preman Harus Sudah Hilang

TANDA TANGAN. Presiden Joko Widodo saat menandatangani plakat peresmian 4 terminal sekaligus, di halaman Terminal Purworejo, Selasa (2/1). -ISTIMEWA-MAGELANG EKSPRES

WONOSOBO, MAGELANGEKSPRES - Presiden RI, Joko Widodo telah meresmikan 4 terminal bus, termasuk Terminal Mendolo Kabupaten Wonosobo. Dalam sambutanya, Presiden menyebut, image terminal saat ini musti diubah dan tidak ada premanisme di dalamnya.

"Dulu, terminal bus imagenya adalah preman. Ini sudah harus hilang!" katanya saat memberikan sambutan peresmian terminal bus di Terminal Purworejo, Selasa (2 Januari 2024).

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo meresmikan 4 terminal sekaligus yang di antaranya Terminal Mendolo Wonosobo, Terminal Purworejo, Terminal Patria Blitar, dan Terminal Purboyo Madiun.

BACA JUGA:Terminal Tipe A Purworejo Diresmikan Presiden Jokowi

Menurutnya, pembangunan sarana dan prasarana 4 terminal yang digawangi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI sejak Mei 2023 lalu, dinilai sangat penting untuk meningkatkan konektivitas antar kota dan daerah.

Kegiatan revitalisasi terminal tersebut telah menelan anggaran hingga puluhan miliar rupiah. Untuk Terminal Mendolo Wonosobo sendiri memerlukan biaya sebesar Rp 20 miliar.

Dengan menyulap Terminal Tipe A Mendolo dan sejumlah terminal lainnya, Jokowi menginginkan agar terminal bus tidak hanya berfungsi sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang saja, tapi dapat bermanfaat untuk sarana peningkatan ekonomi, termasuk UMKM.

"Ini akan memberikan dukungan sarpras (sarana prasarana) transportasi, peningkatan konektivitas antar kota, antar kabupaten, dan antar provinsi," jelasnya.

"Terminal bus adalah tempat pelayanan, juga bagi dukungan kepada peningkatan ekonomi dan UMKM, semua harus terlibat," tambahnya.

BACA JUGA:Gagal Survive di Gunung Prau, FKPI: Almarhum Pendaki Senior

Diketahui, Terminal Mendolo memiliki total keluasan lahan hingga 29.319 meter persegi. Lokasinya terletak di Jalan Ajibarang Secang, Kawasan Perum Purnamandala Kabupaten Wonosobo.

Setelah hasil revitalisasi diresmikan, Terminal Mendolo kini memiliki ragam fungsi. Tak hanya berguna untuk lalu lalang transportasi umum, namun direncanakan bermanfaat untuk peningkatan perekonomian, sosial, budaya, dan kegiatan keagamaan.

Kepala Terminal Mendolo Wonosobo, Imam Soedrajat menyampaikan bahwa terminal ini masuk dalam tipe A, yaitu terminal yang melayani jurusan ke semua wilayah, baik dalam kota, antar kota dalam propinsi, maupun luar propinsi.

Ia mengungkapkan, penumpang angkutan di terminal tersebut, 60 persennya didominasi oleh penumpang pendaki. Sehingga patut jika Terminal Mendolo juga disebut sebagai satu-satunya terminal yang menyediakan fasilitas tempat istirahat bagi para pendaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres