Meriah, Manawa Fest 2024 Purworejo Sukses Digelar Sepekan

Meriah, Manawa Fest 2024 Purworejo Sukses Digelar Sepekan

ALEA #4. Madrasah Aliyah An-Nawawi sukses menggelar Manawa Fest 2024, AEA #4 selama sepekan penuh melibatkan puluhan sekolah di wilayah Jateng dan DIY-Eko Sutopo-Magelang Ekspres

PURWOREJO, MAGELANGEKSPRES - Madrasah Aliyah An-Nawawi sukses menggelar Manawa Fest 2024, Art Literacy English and Arabic (ALEA) #4. Kegiatan yang digelar sepekan penuh tersebut cukup meriah karena melibatkan puluhan sekolah di wilayah Jateng dan DIY sebagai peserta berbagai lomba.

Kegiatan ALEA#4 dibuka dan ditutup oleh Kepala MA-An Nawawi Berjan Purworejo, H. Sahlan, S.Ag., M.S.I.

Saat closing ceremony, Sahlan menyampaikan, dengan kegiatan ALEA#4 ini diharapkan dapat memberikan pengaruh positif bagi MA An-Nawawi Berjan Purworejo dalam dunia pendidikan jenjang SMP/MTs dan sederajat di luar wilayah Purworejo dan sekitarnya.

BACA JUGA:Ganjar Janjikan Rp 4 T untuk Guru Ngaji, Kunjungi Ponpes An-Nawawi Purworejo Didoakan Jadi Presiden

"Dalam kegiatan ini juga ada Bazar dan Expo P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin. Saat ini di MA An-Nawawi sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Expo dan Bazar tersebut merupakan implementasi dari kurikulum tersebut," ungkap Sahlan, kemarin.

Ketua Panitia ALEA#4, Ahmad Ma'ruf Hidayat, S.H., menjelaskan, dalam kegiatan ini dibagi menjadi dua kategori, yakni internal dan eksternal.

Untuk yang eksternal diikuti sekitar 50 peserta yang berasal dari MTs/SMP se Jateng dan DIY.

Ada 4 mata lomba yang dipertandingkan untuk eksternal ini, yakni Speech Contest, Story Telling, Pidato Bahasa Arab dan. Kaligrafi. Pelaksanaan lomba pada Selasa (14/5).

Sedangkan untuk internal, lomba diikuti Siswa-siswi Ma An Nawawi kelas X dan XI. Kegiatannya meliputi Training Motivation dengan pemateri H.Deden Hamsa, M.Pd., pada Selasa (7/5), Seminar Tangguh Menghadapi Bullying dengan pemateri Fera Arisatyo Dimyati, M.Psi. Psikolog (Owner, Founder, & Psikolog SINERGI Purworejo) dan Dina Wahida, M.Psi, (Psikolog Mutiara Persada Yogyakarta) pada Rabu (8/5).

BACA JUGA:Guru An-Nawawi Perdalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Ngaji Literasi pada Sabtu (11/5), Lomba King & Queen ALEA #4, Manawa Idol, Speech, Story Telling, Pidato Bahasa Arab dan Qiroatul Kitab pada Minggu (12/5), serta Bazar dan Expo P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pencasila) dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin pada Senin (13/5) hingga Selasa (14/5).

"ALEA #4 memiliki tema 'Kewirausahaan' dengan tagline yaitu FANTASTIC (Forum Kewirausahaan An-Nawawi Unjuk Kreativitas, Terampil, Inspiratif, dan Ceria)," jelas Ma'ruf.

Tujuan dari kegiatan rutin tahunan ini, kata Ma'ruf, menjaga hubungan yang harmonis antar setiap komponen di MA An-Nawawi Berjan Purworejo, mengapresiasi hasil karya dan kreativitas siswa, mengembangkan dan menunjukkan secara nyata talenta atau bakat yang dimiliki oleh setiap siswa.

Memupuk jiwa kompetisi siswa-siswi baik di bidang akademik maupun non akademik, mempublikasikan hasil dari proyek siswa dalam Kurikulum Merdeka, menjalin komunikasi dan silaturahim antara MA An-Nawawi Berjan Purworejo dengan lembaga pendidikan jenjang SMP/MTs sederajat lain di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: magelang ekspres