Amalan Shalat Harian Muslim : Jadikan Shalat Fajar Sebagai Pembuka dan Shalat Witir Penutupnya

Amalan Shalat Harian Muslim : Jadikan Shalat Fajar Sebagai Pembuka dan Shalat Witir Penutupnya

Amalan Shalat Harian Muslim : Jadikan Shalat Fajar Sebagai Pembuka dan Shalat Witir Penutupnya--

Sebagaimana hal ini terdapat dalam hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan,  “Jika beliau ketiduran atau sedang sakit sehingga tidak dapat melakukannya di malam hari, maka beliau shalat di waktu siangnya sebanyak dua belas rakaat” (HR. Muslim).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam biasanya melaksanakan shalat malam sebanyak sebelas rakaat. Beliau salam setiap kali dua raka’at, lalu beliau berwitir dengan satu rakaat.

Jika luput dari shalat malam karena tidur atau sakit, maka beliau mengganti shalat malam tersebut di siang harinya dengan mengerjakan dua belas rakaat.

Jika seorang Mukmin punya kebiasaan shalat di malam hari sebanyak lima rakaat, lalu ketiduran atau luput dari mengerjakannya, hendaklah diganti shalat tersebut di siang harinya dengan mengerjakan shalat enam rakaat, dengan salam setiap dua rakaat.

Demikian pula jika seseorang biasa shalat malam tiga rakaat, maka diganti dengan mengerjakan di siang harinya empat rakaat, dengan dua kali salam. Begitu pula jika ia punya kebiasaan shalat malam tujuh rakaat, maka diganti di siang harinya dengan delapan rakaat,dengan salam setiap dua raka’at.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam sebagai panutan umat Muslim saja selalu mengerjakan kedua shalat sunnah tersebut.

BACA JUGA:Dua Shalat Sunnah Ini Tak Pernah Ditinggalkan Rasulullah Walaupun Sedang Safar, Apa Keutamaannya?

Bagaimana dengan umatnya? Sebagai umat Muslim yang taat tentu harus mencontoh Rasulullah.

Semoga Allah mudahkan sehingga kita  senantiasa bisa mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: